Megawati Kenalkan Triawan Munaf Pembuat Logo 'Banteng Moncong Putih'

Megawati Soekarnoputri Hadiri Bulan Bung Karno
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri memperkenalkan Triawan  Munaf, sosok pembuat logo PDIP kepada para ribuan kader yang menghadiri puncak peringatan Bulan Bung Karno di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu, 24 Juni 2023. 

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Triawan sejatinya, ungkap Megawati, adalah mantan Kepala Badan Ekonomi Kreatif. Dia pemenang saat PDIP membuka sayembara pembuatan logo selepas Orde Baru runtuh.

"Waktu itu disayembarakan, lalu yang menang siapa, namanya Saudara Triawan Munaf. Mana dia orangnya? Ada enggak, di mana ya? Oh itu ada," kata Megawati sambil menunjuk ke Triawan. 

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri di acara Puncak Bulan Bung Karno di GBK

Photo :
  • YouTube PDIP

Triawan yang hadir mengenakan kemeja berlogo PDIP lalu berdiri, kemudian menunjukkan gestur berterima kasih dan melambaikan tangan ke arah Megawati.

Kapan Megawati dan Prabowo Subianto Bertemu? Hanya Puan dan Hasto yang Tahu

Dalam kesempatan sama, Megawati juga menceritakan lelahnya Triawan saat mengikuti dirinya. Sebab terus diintai oleh intelijen.

"Beliau cerita, 'Bu, ternyata waktu ikut Ibu, itu susah ya', Kenapa? 'aduh ke mana-mana saya diikuti intel’. Saya bilang, enggak apa-apa, intel juga baik kok," kata Megawati.

Megawati lalu mengungkapkan kepada kader-kadernya, alasan mengapa PDIP memiliki logo banteng.

Megawati mengatakan, hal itu bermula ketika Partai Demokrasi Indonesia (PDI), partai yang dia pimpin, tidak boleh menjadi peserta pemilu.

Kepala Badan Ekonomi Kreatif, Triawan Munaf

Photo :
  • www.bekraf.go.id

Salah satu syarat untuk menjadi peserta pemilu adalah PDI harus mengganti nama, sehingga tercetuslah nama PDI Perjuangan. Kemudian diputuskankah logo PDIP adalah gambar banteng dengan moncong warna putih.

"Itulah supaya tahu namanya adalah menjadi PDI Perjuangan, 'perjuangan' nya tidak boleh disingkat, PDI-nya boleh. Tapi kalau paling bagus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan. Jadi kalau kita gampang benar kasih tau sama akar rumput, apa coba, sudah cari aja gambar banteng. Itu lho dulu, moncongnya lucu, putih, nanti pasti dicari," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya