Relawan Aku Ganjar Buat Kolaborasi dengan Partai, jadi Kunci Kemenangan Ganjar Pranowo

Relawan Aku Ganjar
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Salah satu unsur relawan Ganjar Pranowo, yakni Anak Muda Koalisi Untuk Ganjar (Aku Ganjar), melakukan inisiatif membentuk program kolaborasi partai dengan relawan. Ini dinilai menjadi kunci kemenangan di Pilpres 2024 nanti.

Kenalkan Gibran ke Syeikh MBZ, Prabowo Subianto: Yang Mulia, Ini Wakil Presiden Saya

Program yang diinisiasi adalah Kolaboraksi. Yakni program dari Aku Ganjar yang mengajak seluruh calon legislatif dari seluruh partai pendukung Ganjar Pranowo untuk membuat program dan kampanye bersama di dapil masing-masing.

"Jadi teman-teman caleg bisa berkampanye untuk pribadi sebagai caleg sekaligus mengkampanyekan Pak Ganjar sebagai capres, kami akan support caleg tersebut sesuai kebutuhan bersama," ujar Ketua Umum AKU GANJAR, Riezky Delastama, dalam keterangannya, Sabtu 1 Juli 2023.

Sekjen Gerindra Sebut Prabowo Butuh Dukungan Rakyat dan Parpol untuk Wujudkan Janji Kampanye

Dulu, ada kesan kalau antara partai dengan relawan tidak beriringan. Masing-masing berjalan sendiri. Ini yang ingin diubah oleh relawan Aku Ganjar tersebut. 

Sebab menurut mereka, relawan dengan partai sebaiknya selaras dan sejalan untuk berkolaborasi dan bersinergi. Dengan begitu, gerak mereka lebih efektif dan tidak tumpang tindih, kata Riezky.

PDIP Beri Tugas Ganjar Bantu Pemenangan Pilkada 2024 setelah Kalah Pilpres

Sekjen Aku Ganjar, Aditya PN, mengatakan saat ini dan ke depan adalah eranya untuk berkolaborasi. Bukan lagi soal kompetisi. 

Relawan khususnya yang berbasis anak muda tidak boleh alergi partai politik dan harus open minded," kata Aditya PN.

Dukungan dari partai ke relawan dinilai sangat penting. Sebab mereka tidak punuya basis dan struktural yang sematang partai.

Di lain sisi, partai memiliki batasan-batasan. Maka belim tentu bisa menjangkau semua lini. Sementara yang tidak bisa dijangkau, ternyata bisa oleh relawan, kata Bendum Aku Ganjar, Budi Purnomo.

Walau disadari tidak semua anak muda mau masuk institusi politik. Namun untuk mendukung capres, banyak bara seperti dukungan terhadap Ganjar. Menurutnya, +relawan seperti Aku Ganjar ini lah wadahnya sebut Dara Ingga bagian komunikasi dan media sosial di Aku Ganjar

Aku Ganjar menjadi alternatif dan jalan tengah bagi mereka, yang ingin turun langsung dalam politik praktis. Tetapi belum mau masuk ke dalam partai politik, kata Bendum Aku Ganjar, Budi Purnomo.

Sementara Yuda Fajrin, Bagian Penggalangan Dana dan Jaringan, Yuda Fajrin, melihat bahwa tidak selamanya politik itu kotor dan negatif.

"Politik kami politik suka ria, berpolitik dengan cara yang positif dan juah dari baper, disini bebas bertukar pikiran dan kami tekan kan untuk menjauhi SARA dan fitnah," tambah Yuda Fajrin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya