Reaksi Jokowi Usai Mahfud MD Undang Rocky Gerung ke Kantornya

Menko Polhukam Mahfud MD.
Sumber :
  • Instagram Mahfud MD @mohmahfudmd

Jakarta – Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku pernah mengundang Rocky Gerung, pengamat yang dikenal kritis ke pemerintahan Jokowi, datang ke kantornya dan berbincang banyak hal. 

Anies Puji Konsistensi PKS Jadi Oposisi di Depan Surya Paloh dan Cak Imin

Pertemuannya dengan Rocky Gerung itu ternyata diketahui Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan reaksinya mengejutkan. 

"Rocky Gerung sudah saya undang ketemu saya. Pak Jokowi tahu dan ketawa-ketawa saja," kata Mahfud MD dikutip dalam podcabs Youtube Sekretariat Kabinet RI, Kamis, 6 Juli 2023.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Mahfud menegaskan Presiden Jokowi terbuka dengan lawan-lawan politiknya, termasuk dengan kritik. Berbeda dengan era Orde Baru, kata Mahfud, dimana pihak-pihak yang dianggap musuh atau lawan politik pemerintah maka tak boleh ditemui pejabat negara. 

"Zaman Pak Harto dulu, oposisinya Pak Harto, menterinya enggak boleh ketemu. Harus ikut memusuhi," ujar Mahfud.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Menko Polhukam Mahfud MD di Podcabs Setkab RI

Photo :
  • Youtube Setkab RI

 
Karena itu lah, lanjut Mahfud, ia tak sungkan menemui pihak-pihak yang kritis terhadap pemerintah, bahkan tak jarang melayani debat dengan mereka di media sosial. 

"Saya dengan lawan-lawannya Pak Jokowi, dengan Rizal Ramli sering ketemu, dengan Said Didu, dengan Rocky Gerung, siapa lah yang kritis semua saya temui, dan Pak Jokowi tahu," ujarnya

Sebelumnya, Presiden Jokowi diketahui pernah mengusulkan agar Rocky Gerung diberi gelar tanda jasa Bintang Mahaputera. Hal itu disampaikan Mahfud MD dalam podcabs Youtube Sekretariat Kabinet RI, Kamis, 6 Juli 2023.

Menurut Mahfud, gelar kehormatan itu pernah diberikan kepada dua pimpinan DPR yang dikenal kritis ke pemerintahan Jokowi, yakni Fahri Hamzah dan Fadli Zon. Pun dengan Rocky Gerung, kata Mahfud, juga merupakan sosok pengamat yang getol mengkritik Jokowi. 

"Pak Jokowi pernah bilang, ketika saya mengusulkan diberi bintang Mahaputra kepada orang-orang yang sudah berjasa ke negara, siapa misalnya? Itu Fahri Hamzah dan Fadli Zon itu kan dapat bintang Mahaputrra karena apa, karena dia pernah mimpin DPR satu periode, ya sudah kalau hanya dia kata Pak Jokowi, ketika dia sedang sangat kasar sekali ke Pak Jokowi diberi bintang Mahaputra," kata Mahfud MD dikutip dalam podcabs Youtube Sekretariat Kabinet RI, Kamis, 6 Juli 2023.

"Malah Pak Jokowi sambil bergurau berkata gitu, carilah orang yang berprestasi, yang kritis, pinter, misalnya Rocky Gerung, itu kan paling kasar kepada Pak Jokowi, tapi Pak Jokowi sambil ketawa kenapa Rocky Gerung tak diusulkan? Tapi bukan nada marah, bukan mengejek itu dengan serius, bergurau tapi bukan ngejek," sambungnya 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya