Jubir: Satu Nama Cawapres Terpilih Ada di Kantong Anies, Kita Jangan Ngintip-ngintip

Bakal Calon Presiden Anies Baswedan saat hadiri Milad PKS ke-21
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Figur bakal calon wakil presiden (cawapres) pendamping Anies Baswedan masih menjadi teka teki. Anies disebut akan mengumumkan di waktu yang tepat sosok cawapresnya usai pulang ibadah haji.

Pengamat: Duet Anies-Ahok di Pilgub Jakarta Eksperimen yang Berani

Juru Bicara Anies, Sudirman Said mengaku tak menafikan masyarakat menanti siapa capres yang diumumkan. Menurut dia, soal cawapres, Anies mesti diberikan kesempatan dengan berprasangka baik agar selama ibadah haji bisa mendapat banyak inspirasi.

Dia bilang mantan Gubernur DKI Jakarta itu akan mencari waktu terbaik untuk mengumumkan cawapres pilihannya.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

"Yang jelas semua mengamini, semua menyepakati sudah terpilih satu nama. Dan, nama itu sudah di kantong Pak Anies. Kalau namanya di kantongnya, ya kita jangan ngintip-ngintip gitu," kata Sudirman dalam akun YouTube Hersubeno Point yang dikutip pada Kamis, 6 Juli 2023.

Baca Juga: Isu AHY Legowo dan Yenny Menguat Jadi Cawapres Anies, Begini Jawaban Elite Demokrat

Demokrat Sebut "Wajar dan Sah-sah Saja" Parpol KIM Minta Jatah Menteri kepada Prabowo 

Sudirman Said

Photo :
  • ANTARA Foto/Hafidz Mubarak

Menurut dia, bisa saja Anies mengumumkan cawapresnya lebih cepat seperti kemungkinan di Arab Saudi. Namun, ia menekankan secara fatsun politik, Anies mesti ke Tanah Air dulu untuk bicara dengan tiga pimpinan Partai Nasdem, PKS, dan Demokrat yang tergabung dalam Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP).

Dia menyebut Anies sadar bukan bagian dari parpol. Berbeda menurutnya dengan bakal capres lain seperti Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo yang notabene kader parpol.

"Kalau di sini kan betul-betul orang yang dipercaya oleh tiga partai. Jadi, pasti langkahnya tidak mungkin hanya diambil berdasarkan statement sendiri," tutur Anggota Tim Delapan KPP tersebut.

Sudirman menyampaikan Anies saat ini masih di Madinah bersama keluarga usai menjalankan rangkaian ibadah haji. Dia mengatakan Anies dan keluarga untuk sementara saat ini seperti ingin ada waktu bersama. Alasannya, Anies selama di Tanah Air terutama saat menjadi Gubernur DKI hampir tak ada waktu selama 5 tahun untuk bepergian liburan bareng keluarga.

"Insya Allah mungkin dalam seminggu waktu dari sekarang, sekarang tanggal 6. Mungkin tanggal 11 (Juli) beliau kembali (pulang ke Tanah Air)," ujar Sudirman.

Dalam dinamikanya, elite KPP menyebut berkali-kali Anies sudah mengantongi sana nama cawapres pendampingnya untuk Pilpres 2024. Namun, satu nama itu belum diketahui.

Sejumlah nama sempat bermunculan dispekulasikan sebagai cawapres Anies seperti Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Belakangan, mencuat nama putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya