Isu AHY Legowo dan Yenny Menguat Jadi Cawapres Anies, Begini Jawaban Elite Demokrat

Anies Baswedan dan Ketua Umum Demokrat AHY di DPP Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Nama putri Presiden ke-4 RI, Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, Zannuba Ariffah Chafsoh alias Yenny Wahid mencuat jadi bakal cawapres pendamping untuk Anies Baswedan di Pilpres 2024. Isunya Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY sudah lepas dan legowo tak jadi cawapres Anies.

Duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga Masuk Bursa Pilwali Surabaya

Elite Demokrat pun menanggapi isu tersebut. Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani menyampaikan terkait figur cawapres sesuai dengan piagam kerja sama yang sudah diteken tiga partai politikĀ  dalam Koalisi Perubahan untuk Persatuan. Dia menekankan ada kesepakatan penentuan nama cawapres diserahkan sepenuhnya kepada Anies selaku bakal capres.

Pun, dia merujuk keterangan Anggota Tim Delapan sekaligus Juru Bicara Anies, Sudirman Said bahwa sudah ada satu nama yang sudah dikantongi eks Gubernur DKI tersebut sebagai bakal cawapres.

Khofifah Sudah Jalin Komunikasi, PDIP Akan Ikut Mendukungnya di Pilgub Jatim?

"Mas Anies yang memilih dan memutuskan berdasarkan lima kriteria yang telah disepakati bersama. Sesuai informasi dari Jubir Mas Anies yang juga Anggota Tim Delapan yakni Mas Sudirman Said, bahwa Mas Anies telah mengantongi satu nama," kata Kamhar, Rabu 5 Juli 2023.

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani

Photo :
  • istimewa
Khofifah Nyaman dengan Emil Dardak, Harap 4 Parpol Kompak Dukung di Pilgub Jatim

Baca Juga: Syahganda Ingin Anies Minta Petunjuk Nama Yenny Wahid, Gatot, AHY saat Berdoa di Multazam

Maka itu, ia tak berspekulasi terkait nama bakal cawapres. Ia bilang pembicaraan tentang nama-nama cawapres juga tak relevan lagi karena Anies sudah mengantongi satu nama pendampingnya.

Menurutnya, Anies nanti yang akan mendeklarasikan atau mengumumkan nama cawapres pendampingnya.

"Telah dikantongi oleh Mas Anies dan tinggal menunggu waktu yang tepat untuk disampaikan ke publik dan deklarasi paket komplit. Kami taat azas dan menghormati kesepakatan yang telah diputuskan bersama," ujar Kamhar.

Terkait waktu deklarasi, ia mengatakan hal itu merupakan ranah Tim Delapan. Kata dia, Tim Delapan nanti akan menggodok dan mempersiapkan waktu deklarasi dengan berkonsultasi bareng pimpinan tiga partai pengusung serta bersama Anies selaku bakal capres.

"Ini semua sedang berproses. Tentu akan diselenggarakan di waktu yang dipandang paling pas. Jadi, kita tunggu saja proses yang sedang berjalan," tuturnya.

Sementara, perwakilan Tim Delapan dari PKS, Al Muzzamil Yusuf enggan bicara soal peluang AHY atau Yenny jadi cawapres Anies. Ia meminta hal itu lebih baik ditanya langsung ke Anies usai pulang dari ibadah haji.

"Hak pengumuman nama sudah diserahkan ke Pak Anies Baswedan. Nanti tanya beliau saat tiba di Tanah Air," ujar Al Muzzamil saat dikonfirmasi VIVA, Senin, 3 Juli 2023

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya