DPR Diubah Jadi Olok-olok 'Gedung Tikus Turu', PAN Sadar Diri Pilih Perbaiki Kinerja

Sekjen PAN Eddy Soeparno.
Sumber :
  • VIVA/Andrew Tito.

Jakarta – Wakil Ketua Komisi VII DPR RI Eddy Soeparno merespons positif tentang penamaan Gedung DPR RI dalam aplikasi Google Maps yang diolok-olok dengan konotasi yang menyudutkan, mulai 'gedung tikus turu', ‘gedung penipu rakyat’ hingga 'istana tikus berdasi'.

Ditolak Gelora Masuk Koalisi Prabowo, PKS Lempar Sindiran Menohok: Aduh, Partai Nol Koma

Eddy Soeparno memastikan pihaknya akan memperbaiki kinerja. Sebab, berdasarkan hasil survei sejumlah lembaga, DPR RI memang mengalami kemerosotan kepercayaan publik.

"Perihal nama gedung DPR di Google Maps diubah dengan kata yang berkonotasi negatif, saya memilih untuk terus memperbaiki kinerja agar kepercayaan rakyat terhadap DPR perlahan meningkat," kata Eddy dalam cuitannya pada akun media sosial Twitter, Rabu, 5 Juli 2023.

KPU Penuhi Hanya Dua dari Enam Permohonan ICW terkait Transparansi Sirekap

Kompleks Gedung MPR DPR dan DPD

Photo :
  • vivanews/Andry


Sekretaris Jenderal PAN itu juga mengimbau para koleganga di parlemen agar tidak marah dengan respons publik. Menurut Eddy, DPR RI harus segera memperbaiki kinerjanya agar kembali meraih kepercayaan publik.

Oposisi Akan Jadi Minoritas dan Kandidatnya Hanya PKS-PDIP, Menurut Peneliti Senior BRIN


Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, DPR RI hanya meraih kepercayaan publik 68,5 persen, sementara partai politik 65,3 persen.

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanudin Muhtadi menjelaskan, kepercayaan publik pada angka 60 persen itu belum cukup baik. Karena itu, untuk bisa dikatakan aman, parpol dan DPR harus bisa meningkatkannya hingga di angka 70 persen. 


Dia menyebut peningkatan kepercayaan publik pada lembaga demokrasi sangat penting. Sebab, itu menjadi salah satu tolok ukur kepercayaan masyarakat pada sistem demokrasi itu sendiri.

Ilustrasi Paripurna DPR

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A


Jika lembaga politik gagal mencerminkan kehendak demokrasi, maka kepercayaan publik pada demokrasi juga menurun. “Jika publik percaya lembaga bisa menjalankan kinerjanya, maka bisa makin meningkat kepercayaannya,” kata Burhanudin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya