DPR Diubah Jadi 'Gedung Tikus Turu', Dave Golkar: Koreksi Kita untuk Perbaiki Diri

Kompleks Gedung MPR DPR dan DPD
Sumber :
  • vivanews/Andry

Jakarta – Penamaan Gedung DPR RI dalam aplikasi Google Maps jadi olok-olokan karena muncul konotasi yang menyudutkan. Mulai 'gedung tikus turu', 'istana tikus berdasi' hingga 'peternakan tikus' meramaikan nama gedung DPR dan sekitarnya.

Nasdem Gugat Suara Partai Pindah ke Gerindra dan PSI di Dapil Jateng 5

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono merespons terkait  viralnya di Google Maps soal lokasi Gedung DPR  menjadi nama-nama sindiran binatang. Bagi dia, nama-nama dalam Google Maps seperti 'sarangnya tikus-tikus kantor' sampai 'gedung tidak berguna' sebagai teguran terhadap anggota dewan.

"Ya, itu adalah bagian pecutan untuk para anggota dewan termasuk saya sendiri untuk terus bagaimana kita bekerja menjawab kebutuhan masyarakat," kata Dave kepada awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 4 Juli 2023.

Sesama Caleg PAN Gugat Hasil Pileg di Dapil Jawa Timur 1

Anggota Komisi I DPR RI, Dave Laksono

Photo :
  • DPR RI

Maka itu, kata dia, hal itu jangan dianggap sebagai upaya merendahkan dan menghina. Namun, menurut dia, justru jadi koreksi untuk memperbaiki diri sebagai wakil rakyat.

Viral! Imam Masjidil Haram Syekh Sudais Cari Indomie di Stand Kuliner Mahasiswa Indonesia

"Jadi, jangan kita menganggap itu sesuatu yang merendahkan atau menghinakan. Tapi, justru ini menjadi koreksi untuk kita lebih memperbaiki diri buat layak kita dalam kita menyuarakan apa yang menjadi kendala permasalahan," kata Ketua DPP Golkar tersebut.

Kemudian, Dave menambahkan, dirinya tidak setuju jika DPR minta pihak Google untuk ganti nama-nama buruk tersebut. Dave berpendapat, jika DPR sibuk meminta Google menggantinya satu per satu, malah akan memperburuk citra DPR.

"Jadi, kita (harus) jawab dengan hasil kerja. Ya jawabannya itu perintahnya presiden, kerja, kerja, kerja," tuturnya.

Media sosial dihebohkan dengan penamaan Gedung DPR/MPR RI, Senayan, dalam aplikasi Google Maps. Penamaan area gedung para wakil rakyat itu diubah menjadi kata berkonotasi olok-olokan nama hewan, gedung korupsi, hingga sampah negara.

Dilihat VIVA per Senin 3 Juli 2023, ada beberapa penulisan bernada olokan pada gedung DPR antara lain ‘Gedung Korupsi’ ‘Kantor Petugas Partai’ ‘Peternakan Tikus’ ‘Sekumpulan Tikus Berdasi’ ‘Sarang Tikus’ ‘Gedung Orang Tidur’ ‘Kebun binatang Terbesar di Asia’ hingga ‘Sampah Negara’.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya