PDIP Sumbar Lantik Bappilu Mayoritas Diisi Anak Muda, Hasto Suntikkan Semangat Bung Hatta

Rakerda PDIP Sumbar
Sumber :
  • Istimewa

Padang - PDI Perjuangan (PDIP) Sumatera Barat (Sumbar) melantik jajaran Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) 2024 untuk Provinsi Sumbar, yang mayoritas diisi oleh anak muda. Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto melantik para anak muda itu, sekalian diberi motivasi agar mengikuti semangat perjuangan para pendiri bangsa, termasuk Mohammad Hatta atau Bung Hatta asal Sumbar.

Astra Gelar SATU Indonesia Awards 2024, Ini Syarat Jadi Peserta

Kata Hasto, sejak tahun lalu, PDIP sudah menetapkan di bulan Agustus ada Pekan Bung Hatta. Setiap Juni, PDIP menetapkan sebagai Bulan Bung Karno. Bung Karno dan Bung Hatta adalah dwitunggal Proklamator RI.

“Sejak Juni hingga Agustus, kami terus menggelorakan semangat, rekam jejak perjuangan dan ideologi para pemimpin bangsa kita, sehingga menjadi sebuah keteladanan yang kita hidupi saat ini, khususnya oleh para anak-anak muda Indonesia,” kata Hasto, Selasa, 4 Juli 2023.

Di Rakernas, PDIP Siapkan Langkah Strategis Pasca Pemilu 2024

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto

Photo :
  • Istimewa

Kata Hasto, Sumatera Barat adalah wilayah dengan rekam jejak sejarah yang sangat kuat terkait kemerdekaan Indonesia. Dari Sumbar, lahirlah para pemimpin-pemimpin kebangsaan yang sangat revolusioner.

PDIP Ingin Lanjutkan Kerja Sama dengan PPP dan Hanura di Pilkada 2024

“Pemimpin yang di masa sulit sejak Mohammad Hatta belajar di surau. Kemudian Tan Malaka, KH Agus Salim begitu banyak pahlawan dari Sumatera Barat. Rohana Kudus, Hj Rasuna Said,” kata Hasto.

“Semua lahir sebagai pemimpin bukan karena kemewahan secara politik. Mereka lahir sebagi pemimpin karena sejak awal berdedikasi, menggembleng dengan kepemimpinan intelektual, kepemimpinan yang digerakkan oleh nilai-nilai spiritualitas atas dasar kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT dan kepemimpinan yang mengakar dengan kekuatan rakyat itu sendiri,” bebernya.

Pelantikan itu sendiri dilakukan dengan protokol kepartaian. Semua personil Bappilu PDIP Sumbar diminta untuk maju dan mengambil sumpah. Di hadapan ratusan pengurus PDIP dari seluruh Sumbar, mereka diambil sumpah dan janji yang dipandu langsung oleh Hasto.

Sementara Ketua DPD PDIP Sumbar Alex Indra Lukman yang hadir menyaksikan pengambilan sumpah itu, mengatakan mayoritas Bappilu yang diisi anak muda menunjukkan sebuah semangat kesegaran yang ingin diwujudkan.

“Badan Pemenangan Pemilu ini mayoritas diisi anak-anak muda. Apalagi mengingat jumlah pemilih pemula di pemilu mendatang ini sangat signifikan,” kata Alex.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya