Ngabalin Sewot Polemik Al Zaytun Bawa-bawa Moeldoko Hingga Jokowi

Ali Mochtar Ngabalin.
Sumber :
  • Fikri Halim/VIVAnews.

Jakarta – Tenaga Ahli Utama Kepala Staf Kepresidenan (KSP), Ali Mochtar Ngabalin geram lantaran polemik Pondok Pesantren Al Zaytun dikait-kaitkan dengan nama Jenderal TNI (Purn) Moeldoko hingga Presiden Joko Widodo (Jokowi).

UU DKJ Resmi Diteken Jokowi, Jakarta Masih Ibu Kota Negara

Menurutnya tudingan yang selama ini diarahkan soal adanya campur tangan pemerintah untuk membeking Al Zaytun adalah tidak benar, sehingga perlu diluruskan.

Panji Gumilang, Pemeriksaan di Bareskrim Polri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Pengakuan Prabowo Dibantu Jokowi Persiapkan Diri Jelang Pelantikan Presiden Bulan Oktober

“Gausah nuduh-nuduh pemerintah, presiden, pak Moeldoko segala macam, kalau kau mau ambi Al Zaytun, ambil aja gausah banyak nuduh-nuduh orang,” ujar Ngabalin dikutip dari Instagram fakta.beriita, Kamis, 6 Juli 2023.

Terkait banyaknya tudingan yang menyebut adanya penyimpangan di Pesantren Al Zaytun, Ngabalin beranggapan hal ini adalah cara yang digunakan sejumlah pihak untuk merebut pesantren yang berlokasi di Indramayu itu.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

“Kalau kalian mau ambil Al Zaytun, ambil saja, tapi pakai cara-cara yang bermoral gausah banyak nuduh orang melakukan berbagai macam ketimpangan. Cara-cara ini lazim kita ketahui kalau ada orang mau merampok, cara-cara kalian ini terlalu kotor sekali,” kata dia

Adapun soal sosok Panji Gumilang, Ngabalin memiliki pandangan tersendiri. Menurutnya Panji adalah orang yang lurus lantaran memiliki latar belakang yang terpercaya.

Ngabalin menekankan Panji merupakan kader Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) yang pernah mengenyam pendidikan di Pesantren Gontor. Selain itu, kata dia, Panji juga merupakan anak dari kader Majelis Syuro Muslimin Indonesia (Masyumi) sehingga mustahil melakukan penyimpangan yang melawan syariat Islam.

“Saya gak tahu siapa yang awal merusak Al Zaytun dengan berbagai macam tuduhan, lembaga pendidikan seperti Al Zaytun itu organisasi yang sudah dibangun berpuluh-puluh tahun,” terangnya

Terakhir, dia mengungkap beberapa keluarganya ada yang bersekolah di Pesantren Al Zaytun dan diakuinya sejauh ini tidak ditemui sejumlah kejanggalan yang dituduhkan.

“Keponakan saya, anak kakak saya tertua, anak-anaknya sekolahnya di Al Zaytun, jadi saya mau bilang bahwa jangan nuduh orang macam-macam, jangan kalian mendiskreditkan itu pak Kiai Gumilang,” pungkasnya

Pondok Pesantren Al-Zaytun Indramayu, Jawa Barat

Photo :
  • Opi Riharjo (Indramayu)
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya