Elektabilitas Prabowo Subianto Terus Melesat Sejak Awal 2023, Hasil Survei LSI

Menhan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Tren elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto, terus melesat tajam mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan, dalam kategori kandidat calon presiden atau capres 2024 dalam rentang waktu enam bulan terakhir. 

Maju Pilgub Babel Kembali, Erzaldi Rosman Ngaku Didukung Prabowo

Hal tersebut berdasarkan hasil survei nasional yang dirilis Lembaga Survei Indonesia (LSI), terkait tren pilihan publik dalam memilih Capres 2024. 

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan mulanya memaparkan ada 3 kandidat capres yang masuk dalam simulasi yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto. Dari simulasi tersebut, ketiga bakal capres memperoleh elektabilitas yang cukup signifikan dan bersaing ketat sejak Januari 2023.

Terima Kunjungan Dubes India yang Baru, Prabowo Dorong Peningkatan Kerjasama

Djayadi mengungkap, Prabowo memperoleh elektabilitas 23,2 % pada Januari 2023. Sementara Ganjar 36,3 % dan Anies 24,2 %. 

Kemudian, selama 7 bulan terakhir tepatnya pada Juli 2023, Prabowo justru menempati posisi pertama dengan perolehan elektabilitas 35,8 %. Disusul Ganjar Pranowo dengan angka 32,2 % dan Anies Baswedan 21,4 %. 

PPP Tak Sevisi dengan Ganjar soal Oposisi Prabowo: Itu Hak Pribadi Beliau

"Terjadi tren penguatan dukungan kepada Prabowo secara konsisten sejak Januari 2023 sampai sekarang. Jadi, selama tujuh bulan terakhir, Prabowo mengalami penguatan," ujar Djayadi dalam konferensi pers secara virtual, Selasa, 11 Juli 2023.

"Sebaliknya, Ganjar mengalami penurunan tajam dari Januari 2023 ke April 2023," sambungnya.

Djayadi lantas melakukan simulasi head to head terhadap dua kandidat capres yakni Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Hasilnya, Prabowo unggul jauh dengan capaian suara 50,9 % dari Anies. 

"Jika pemilihan Presiden diadakan sekarang, Prabowo Subianto 50,9 % unggul atas Anies Baswedan 27,9 % dan sekitar 21,2 % belum menunjukkan pilihan," katanya.

Prabowo, kata Djayadi juga tetap unggul ketika disimulasikan dengan Ganjar Pranowo. Prabowo memperoleh posisi teratas lawan Ganjar dengan capaian 48,1 % atau sekitar 10 % di atas Ganjar.

“Prabowo Subianto 48,1 % unggul atas Ganjar Pranowo 38,1 %, dan sebanyak 13.8% belum menentukan pilihannya,” tuturnya.

LSI melakukan survei ini pada periode 1- 8 Juli Tahun 2023 dengan menggunakan metode RDD (Random Digit Dialing) atau wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Survei tersebut dilakukan kepada 1242 responden dengan margin of error survei diperkirakan ± 2.8 % pada tingkat kepercayaan 95 %.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya