Fraksi PDIP Kirim Usulan Pansus JIS Pekan Ini ke Pimpinan DPRD DKI, Bantah Politis!

Ketua Fraksi PDI Perjuangan (PDIP) DPRD DKI Jakarta Gembong Warsono
Sumber :
  • VIVA/Rizki Riyan

Jakarta – Ketua Fraksi DPRD DKI Jakarta dari PDI Perjuangan Gembong Warsono mengatakan usulan pembentukan panitia khusus (pansus) terkait pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) akan diajukan kepada pimpinan DPRD DKI pekan ini.

PDIP Sumbar Menang Atas Gugatan dari Kader Sendiri

"Minggu ini kita kirim ke pimpinan Dewan supaya kita bisa tindaklanjuti. Mudah-mudahan ini bisa mencairkan polemik yang ada di masyarakat," kata Gembong saat ditemui di Gedung DPRD DKI Jakarta, Senin, 17 Juli 2023.

Gembong mengatakan usulan itu bukan berasal dari komisi melainkan dari Fraksi PDIP. Menurutnya, pansus perlu diajukan agar polemik pembangunan JIS bisa diselesaikan dengan cara transparan.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Melalui pansus, DPRD juga akan mencari tahu apa yang menyebabkan JIS tidak sesuai dengan standar FIFA.

Gembong menegaskan, keberadaan pansus tidak bermuatan politis. Pansus hanya mengurusi persoalan teknis terkait pembangunan JIS. "Ini bicara teknis murni loh, ini tentang pembangunan JIS. Ini perlu dibahas dalam pansus karena menelan angka Rp 4 triliun lebih," ujarnya

Prabowo Gandeng PKB dan Nasdem, Gibran: Ini Bukan Meninggalkan PDIP

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono bersama Ketum PSSI sidak rumput Stadion JIS

Photo :
  • Ist

Jika pengajuan pansus tersebut tidak membuahkan hasil, pihaknya akan berupaya untuk mendorong pengajuan pansus melalui kader yang tersebar di setiap komisi.

"Misalkan anggota fraksi yang ada di lima komisi kita perintahkan coba minta kepada pimpinan masing-masing komisi untuk dijadwalkan untuk melakukan evaluasi kepada SKPD yang terkait," ungkapnya

Sebelumnya, Sekretaris fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Dwi Rio Sambodo mengusulkan agar proyek perencanaan pembangunan Jakarta Internasional Stadion (JIS) diaudit secara total. 

Menurutnya, hal tersebut perlu dilakukan buntut polemik JIS yang kian memanas. 

"Konkretnya harus ada penanganan teknis secara mendasar, baik jangka pendek maupun jangka panjang untuk sarana prasarana serta audit total dari aspek perencanaan maupun pembangunan JIS," kata Rio saat dihubungi, Senin, 10 Juli 2023. 

Rio menduga adanya malapraktik dalam perencanaan pembangunan JIS. Sebab, fasilitas-fasilitas di stadion tersebut dinilai sangat kurang. Hal itu menjadi salah satu penyebab polemik JIS yang kini banyak diperbincangkan. 

"Ini menegaskan bahwa ada malapraktik dalam perencanaan dan pembangunan stadion JIS. Tidak mengherankan jika banyak sekali kekurangan fasilitas stadion JIS dan jauh dari standar internasional sebagaimana mestinya," katanya.

Rio mengusulkan agar pemerintah membuat panitia khusus (pansus) agar proses audit berjalan dengan baik serta tidak ada intervensi dari pihak lain. 

Beberapa aspek dinilai kurang memadai di kawasan JIS, di antaranya akses masuk yang perlu tambah, pintu untuk tim sepak bola yang harus dirombak, hingga lapangan JIS harus diganti karena tidak sesuai dengan standar FIFA.  

Hal tersebut diketahui setelah Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono bersama dengan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono meninjau langsung JIS pada Selasa, 4 Juli 2023. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya