Survei Indikator: Prabowo Unggul di Pemilih Gen Z dan Milenial, Ganjar Gen X

Tiga bacapres 2024 Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.
Sumber :
  • ist

Jakarta - Indikator Politik Indonesia melakukan survei potensial calon presiden (capres) terhadap tingkat generasi usia. Adapun tingkat generasi usia yang masuk dalam kategori survei yaitu Gen Z, kelompok generasi yang berusia di bawah 26 tahun atau lahir di bawah tahun 2012.

Indodax Kasih Bukti Investasi Aset Kripto Makin Diminati Milenial hingga Generasi Z

Kemudian, generasi milenial yang berusia 27 sampai 42 tahun atau lahir tahun 1996 ke bawah. Lalu, ada Gen X yang berusia 43 sampai 58 tahun atau lahir tahun di bawah 1980.

Kemudian ada generasi baby boomers, yang berusia 59 sampai 79 tahun atau lahir tahun di bawah 1964. Serta terakhir yaitu generasi interwar, yang berusia 80 tahun ke atas atau lahir pada 1943 ke bawah.

Luhut Tolak Jadi Menteri Prabowo, Tapi Siap Jadi Penasihat

Hasilnya, bakal calon presiden yang didukung oleh Koalisi Perubahan, Anies Baswedan tidak unggul dalam semua generasi. Dia hanya unggul di dalam generasi yang berusia di atas 80 tahun.

"Bagaimana dengan pilihan generasi usia. Pertama, Anies Baswedan kurang mendominasi untuk semua kelompok usia, agak kuat di generasi tua. Tapi sayangnya generasi di atas 80 tahun kan dari sampelnya cuma 0,4%. Secara elektoral generasi tua ini sedikit," kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei yang diadakan secara virtual, Minggu, 23 Juli 2023.

Kelakar Airlangga: Raffi Ahmad Bisa OTW Jawa Tengah atau Jakarta

Presiden Jokowi, Menhan Prabowo dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo

Photo :
  • Istimewa

Sementara itu, dalam pemilih generasi Gen Z, Prabowo Subianto unggul dengan perolehan suara sebesar 40,5%. Ganjar Pranowo 35,5 %, Anies Baswedan 22%.

Di generasi Gen X, Ganjar unggul dengan perolehan suara sebesar 39,8%. Prabowo Subianto memperoleh suara sebesar 30,2 %, Anies Baswedan yaitu 23,4%.

Kemudian, dalam generasi milenial Prabowo Subianto kembali unggul dengan perolehan suara 37,1%. Ganjar memperoleh suara sebesar 34,8 %, Anies 21,9%.

Dalam generasi baby boomers, Prabowo unggul dengan perolehan suara dalam survei yaitu 41,3%. Ganjar Pranowo sebanyak 31,3 %, Anies sebesar 14,2%. 

"Ini yang sampai sekarang kita butuh kaji ya apa yang menyebabkan Prabowo Subianto unggul di generasi Z, 40,5%. Dan generasi milenial. Tetapi generasi milenial antara yang memilih Prabowo dengan yang memilih Ganjar tidak signifikan. Prabowo unggul lagi di generasi baby boomers," ucap Burhanuddin.

Adapun populasi survei ini dilakukan kepada seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survel ini jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional. 

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel .220 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MOE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20?ri total sampel oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya