Survei Capres Indikator Politik: Prabowo dan Ganjar Beda Tipis, Anies Peringkat 3

Tiga bacapres 2024 Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.
Sumber :
  • ist

Jakarta – Indikator Politik Indonesia merilis hasil temuan survei dalam simulasi calon presiden (capres) potensial dengan tiga nama, yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Dalam hasil survei tersebut, Prabowo Subianto mengungguli Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan. Prabowo memperoleh suara sebanyak 36,8 persen.

Relawan Sanopati 08 Optimis Prabowo-Gibran Bisa Wujudkan Indonesia Emas 2045

Posisi kedua diduduki oleh Ganjar Pranowo yang memperoleh suara sebanyak 35,7 persen. Sementara bacapres Anies Baswedan memperoleh suara sebanyak 21,5 persen.

"Dalam simulasi 3 nama, perbedaan Ganjar dan Prabowo Subianto masih neck to neck meskipun Prabowo unggul tapi keunggulannya tipis. Dan Anies di peringkat ketiga 21,5 persen selisih kurang lebih 14 persen dibanding Ganjar," ujar Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam rilis survei yang diadakan secara virtual, Minggu, 23 Juli 2023.

Temuan Survei Indikator: Publik Puas Kinerja Polri Selama Mudik Lebaran 2024

Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi.

Photo :
  • ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Adapun populasi survei ini dilakukan kepada seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Perkuat Hubungan UEA-Indonesia, Presiden MBZ Anugerahi Prabowo 'Zayed Medal'

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling. Dalam survel ini jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional. 

Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.220 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MOE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%. Responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

Quality control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random oleh supervisor dengan kembali mendatangi responden terpilih (spot check). Dalam quality control tidak ditemukan kesalahan berarti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya