Prabowo Dipastikan Duduk Bareng Cak Imin di Harlah PKB, Bahas Cawapres?

Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin dan Ketum Gerindra Prabowo Subianto.
Sumber :
  • Twitter @cakimiNOW

Jakarta – Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bakal menggelar acara puncak syukuran hari lahir atau harlah ke-25 di Solo, Jawa Tengah pada Minggu, 23 Juli 2023. Turut hadir pula para pejabat negara seperti Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Pertahanan, Prabowo Subianto. Selain itu juga acara harlah tersebut akan dihadiri lebih dari 50 ribu kader PKB di Stadion Manahan, Solo.

Gerindra dan Demokrat Siap Berkoalisi di Pilgub Jawa Tengah

Adapun Prabowo Subianto selaku Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus sebagai Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) dengan PKB juga akan duduk bersama dengan Ketua Umum PKB, yaitu Muhaimin Iskandar alias Cak Imin. Hal tersebut diungkapkan oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani saat menghadiri acara konsolidasi akbar pengurus Gerindra Jakarta Selatan, di Lapangan Blok S.

"Memastikan pak Prabowo duduk bersama pak Muhaimin," kata Muzani saat menjawab pertanyaan awak media soal cawapres, Minggu, 23 Juli 2023.

Rais Aam PBNU Kenang Kenal Prabowo Sejak 1996, Doakan Sukses Jalankan Pemerintahan

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Partai Gerindra, Ahmad Muzani.

Photo :
  • VIVA/Rahmat Fatahillah Ilham

Muzani mengatakan Prabowo Subianto sedang menuju ke Solo, Jawa Tengah untuk menghadiri harlah PKB yang ke-25. Ia juga mengaku ingin merasakan kebersamaan dengan PKB di acara tersebut. 

Khofifah Klaim Dapat Dukungan 4 Parpol untuk Maju Pilgub Jatim

"InsyaAllah dateng (harlah ke-25 PKB), (Prabowo) sekarang sedang menuju ke sana. Kami juga mau menuju ke sana. Itu agendanya adalah kita ikut mengayubagyo. HUT PKB yang ke 25. Ikut bergembira ikut merasakan kebersamaan dengan kawan-kawan PKB," kata Muzani.

Wasekjem PKB Sempat Sebut Cak Imin Dapat Mandat Maju Sebagai Cawapres

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • Istimewa

Sebagai informasi, Wakil Sekretaris Jenderal PKB Syaiful Huda mengatakan bahwa Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin sudah dipercayai untuk menentukan cawapres dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) nantinya. Menurutnya, dalam muktamar PKB, Cak Imin sudah mendapatkan mandat maju pada Pilpres 2024.

"Saya ikut pertemuan dari berbagai siklus, dan statement Pak Prabowo masih seperti itu, jadi menyerahkan sepenuhnya kepada Gus Muhaimin soal cawapres. Mau dipake sendiri, mau dipake ke orang lain yang jelas Gus Muhaimin kan dapat mandatory dari PKB hasil muktamar beliau harus maju," ujar Huda kepada wartawan di rumah dinas Cak Imin Minggu 9 Juli 2023.

Huda pun menjelaskan bahwa memang sudah ada beberapa partai politik yang ingin mendukung Prabowo Subianto. Bahkan, PAN dan Golkar pun diprediksi bakal mendukung Prabowo.

Huda menyadari setiap partai yang ingin bergabung pasti memiliki keinginan agar kadernya dipilih sebagai cawapres. Tetapi saat ini posisi cawapres hanya satu dan KKIR sudah memberi mandat kepada PKB untuk mengisi posisi Cawapres itu. 

Sehingga Huda mengatakan apabila ada partai lain yang resmi bergabung, akan disiapkan jabatan lain jika KKIR dapat memenangkan pemilu nantinya. "Ya tadi, masih banyak power sharing di kabinet atau tempat lain," kata Huda.

"Semua partai pasti pengin kadernya untuk didorong atau atau partai tertentu mendorong kader di luar kadernya itu wajar. Tapi mau tidak mau kita harus kompromi pada kondisi objektif. Kondisi objektifnya kan PKB Gerindra, sosok Pak Prabowo-Gus Muhaimin sudah duluan," lanjutnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya