Pengamat Ungkap Wajar Budiman Sudjatmiko Sebut Prabowo Calon Kuat Suksesor Jokowi, Ini Sebabnya

Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan polItikus PDIP Budiman Sudjatmiko.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari

Jakarta – Direktur Eksekutif Indonesia Political Review, Ujang Komarudin mengatakan Prabowo Subianto merupakan salah satu Calon Presiden (Capres) potensial pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. Ujang melanjutkan, Menteri Pertahanan itu juga masuk sebagai salah satu kandidat kuat suksesor dari Presiden Jokowi

Kata Jokowi soal 38 Negara Dukung Keanggotaan Indonesia di OECD

Menurut Ujang, ia menanggapi pernyataan politisi partai PDI Perjuangan, Budiman Sudjatmiko yang menilai Prabowo merupakan kandidat kuat suksesor dari Presiden Jokowi. 

“Apa yang disampaikan Budiman itu wajar-wajar saja, karena memang mengatakan Prabowo calon kuat ya memang kuat,” kata Ujang dalam keterangannya, dikutip Minggu, 23 Juli 2023.

Jokowi Bocorkan Kriteria Pansel Capim KPK

“Apa indikator Prabowo kuat, karena dalam survei selalu yang tertinggi,” lanjut Ujang.

Bacapres Prabowo Subianto dan Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko.

Photo :
  • VIVA.co.id/Yeni Lestari
Jokowi dan Elon Musk Bakal Resmikan Layanan Starlink saat WWF di Bali

Mendengar hal tersebut, Ujang meyakini jika penyataan itu diutarakan secara gamblang oleh eks aktivis 98 itu. Hal itu juga menurut Ujang sudah selaras dengan rasionalitas Budiman. 

“Jadi ya Budiman dengan rasionalitasnya mengatakan itu,” ungkap Ujang. 

Prabowo belakangan ini sedang mendapat ‘angin segar’ dari beberapa tokoh politik nasional. Selain didukung penuh oleh partainya, belum lama ini, menteri terbaik dan andalan Presiden Jokowi itu juga seringkali menerima dukungan dan kunjungan dari kader partai lain, termasuk PDIP. 

Selain mendapatkan dukungan dan kunjungan dari tokoh politik dan aktivis, Prabowo juga selama ini terus menguatkan personanya sebagai figur yang ingin melanjutkan program dan kebijakan Presiden Jokowi, yaitu hilirisasi dan pengolahan sumber daya alam di dalam negeri. 

Menurutnya dengan memperkuat proses hilirisasi dan dilakukan di dalam negeri, Indonesia akan bisa mendapatkan keuntungan yang lebih besar dan berimbas pada peningkatan kesejahteraan rakyat. 

Oleh karena itu, Ujang menggarisbawahi bahwa Prabowo memiliki kapasitas menjadi suksesor dari Presiden Jokowi di masa yang akan datang. Selain itu, dengan keluarnya pernyataan dari Budiman tersebut, menyiratkan adanya dukungan yang besar dari salah satu kombatan partai PDI Perjuangan itu. 

“Jadi kalau punya potensi Prabowo jadi suksesornya Jokowi ya mungkin saja, dan itu sudah diprediksi oleh aktivis 98 tersebut,” imbuhnya. 

“Terkait dengan komentar dia mendukung Prabowo apakah ini sama dengan memberikan dukungan, iya, secara tersirat dan tersurat,” tutup Ujang yang juga pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya