Cak Imin Masuk Bursa Bakal Cawapres Ganjar, PKB: Meleleh Kalau Digoda, Itu Bukan PHP

Politikus PDIP Ketua DPR Puan Maharani, dan Ketum PKB Cak Imin saat harlah PKB di Solo
Sumber :
  • Twitter Muhaimin Iskandar @cakimiNOW

Jakarta – Wakil Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Jazilul Fawaid mengatakan, pihaknya mempertimbangkan pernyataan dari Ketua DPP PDIP Puan Maharani terkait bursa cawapres Ganjar Pranowo yang mengerucut lima nama. Salah satu nama adalah Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin masuk dalam lima besar bakal cawapres Ganjar. 

Bobby Nasution Bilang Sudah Bahas dengan PKB soal Calon Wakilnya di Pilkada Sumut

Meski begitu, pihaknya tetap menghormati kesepakatan yang sudah dibangun selama ini bersama Partai Gerindra melalui Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). Dia mengibaratkan PDIP sebagai sultan pemenang pemilu.

"Karena yang menyebut ini ibaratnya sultan (Puan Maharani), (partai) pemenang pemilu, tentu jawabannya kita pasti meleleh kalau digoda ini,” kata Gus Jazil, sapaa akrabnya, Selasa, 25 Juli 2023.

Bobby Nasution Sebut Keluarga Belum Bahas Kaesang Maju Pilkada

Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid alias Gus Jazil.

Photo :
  • VIVA.co.id/Andrew Tito

Namun, ia bilang PKB tahu diri dan posisi. Ia dengan pede bilang Cak Imin punya rekam jejak yang bagus.

DPR Dukung Prabowo Kirim Pasukan Penjaga Perdamaian ke Palestina

“Kalau dihitung dari lima nama yang disebut Mba Puan, rekam jejaknya tidak ada yang mengalahkan Pak Muhaimin. Meskipun kami meleleh, tapi kami sadar diri dan menghormati, termasuk mengukur apa yang sudah dilakukan bersama Gerindra," jelas Gus Jazil.

Jazilul menilai apa yang dikatakan Puan bukan sebuah harapan palsu. Sebab, hubungan Cak Imin dengan ketua DPR RI itu sangat akrab.

"Saya yakin itu bukan PHP apalagi main-main. Pertama, Mba Puan bukan orang yang suka main-main dan punya integritas. Kedua, Mba Puan hubungan dengan Pak Muhaimin sangat akrab dan seperti disampaikan sendiri sudah seperti saudara. Kalau ada saudara ngapain pilih yang lain?" ujarnya. 

Dia menambahkan, PKB dan PDIP juga memiliki sejarah hubungan baik selama ini. Sementara, bila dengan Gerindra, pihaknya baru bekerja sama ketika menyongsong gelaran Pilpres 2024. 

"Sejarah bersama PDIP itu sangat lengket. Kalau dengan Gerindra, PKB baru kali ini berkoalisi. Namun, meski teman baru, PKB punya fatsun dan etika membangun kerja sama selama ini dengan siapapun," tuturnya. 

Sebelumnya, Puan menyampaikan nama-nama yang potensial menjadi bakal cawapres Ganjar. Dia bilang calon pendamping Ganjar sudah mengerucut menjadi lima orang. Kata dia, lima nama itu sedang digodok oleh partainya. 

Adapun lima nama itu adalah Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) PPP Sandiaga Uno, Menteri BUMN Erick Thohir, mantan Panglima TNI Andika Perkasa, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY dan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya