Elektabilitas Anies Baswedan Paling Rendah, Demokrat Optimis Terkejar Saat Deklarasi Cawapres

Anies Baswedan bertemu eks Menteri KKP Susi Pudjiastuti di Pangandaran Jabar.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta – Partai Demokrat mengaku tidak khawatir dengan rendahnya elektabilitas bakal capres dari Koalisi Perubahan, Anies Baswedan. Berdasar hasil survei sejumlah lembaga, elektabilitas Anies menempatkan posisi terendah dibanding bakal capres Prabowo Subianto maupun Ganjar Pranowo. 

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat, Kamhar Lakumani, meyakini bahwa elektabilitas Anies bisa mengejar ketertinggalan. Bahkan ia yakin akan membalikkan keadaan hingga menang pada Pilpres 2024. 

Anies Baswedan dan Ketum Demokrat AHY di DPP Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

“Merujuk pada hasil berbagai lembaga survei saat ini, kami optimis masih tersedia cukup waktu mengejar ketertinggalan dan membalik keadaan,” kaya Kamhar, Rabu, 2 Agustus 2023. 

Kamhar menyarankan, salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendongkrak elektabilitas Anies Baswedan yakni dengan segera mendeklarasikan bakal cawapres. Diyakini Demokrat, ini yang akan menjadi kunci dan mendongkrak elektabilitas capres yang diusung Nasdem, Demokrat dan PKS tersebut.

PKS-Golkar Siap Menangkan Pilkada Depok 2024

“Memang mesti ada terobosan-terobosan yang harus dilakukan, termasuk untuk segera mendeklarasikan cawapres,” kata Kamhar. 

Partai Demokrat mengajukan nama Ketua Umumnya Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY untuk menjadi cawapres dari Anies. PKS menyiapkan nama Ahmad Heryawan atau Aher. Selain itu, beberapa nama mencuat seperti Khofifah Indar Parawansa, hingga yang terbaru ada sosok Susi Pudjiastuti.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya