Prabowo Capres Unggulan 2024, Pengamat Beberkan Faktor Pendukungnya

Menhan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto dinilai punya potensi menang di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024. Ada beberapa faktor pendukung Ketua Umum Partai Gerindra itu bisa jadi pengganti Joko Widodo di 2024.

Nasib Program Kartu Prakerja di Era Prabowo-Gibran

Pengamat Politik Universitas Airlangga, Suko Widodo menganalisa eks Danjen Kopassus itu dikenal sebagai figur nasionalis. Dengan posisinya sebagai Menteri Pertahanan dan rekam jejak bagus, banyak partai politik saat ini beri isyarat mendukung Prabowo sebagai bakal capres 2024.

Selain itu, menurutnya faktor lain karena Prabowo saat ini lebih terbuka menerima masukan atau pendapat orang lain.

Prabowo Yakin Ekonomi Indonesia Mampu Tumbuh 8% 2-3 Tahun ke Depan

“Banyak faktor yang membuat mengapa banyak partai yang cenderung ke Pak Prabowo, Pak Prabowo sangat terbuka untuk membahas keindonesiaan. Kemudian mau menerima pendapat orang lain, itu kuncinya di situ," kata Suko, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Hadiri Qatar Economic Forum, Prabowo Ungkap Hal yang Jadi Prioritas di Pemerintahannya

Dia juga menyebut faktor lainnya seperti endorse yang dilakukan Jokowi terhadap Prabowo sebagai bacapres. Lalu, langkah Prabowo yang gabung ke dalam Kabinet Indonesia Maju memperlihatkan dia tak ingin ada perpecahan yang berkepanjangan dari Pilpres 2019.

Kemudian, dengan langkahnya gabung ke pemerintahan Jokowi, Prabowo dianggap punya misi besar bawa perdamaian bagi Indonesia di masa depan. Sosok mantan Pangkostrad itu juga saat ini mengantongi elektabilitas tinggi sebagai bacapres jelang Pilpres 2024.

Elektabilitas tinggi itu berdasarkan sejumlah hasil survei. Salah satunya seperti survei terbaru Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA yang dilakukan dalam kurun waktu 3-15 Juli 2023.

Dari hasil survei itu, Prabowo ungguli bacapres PDIP, Ganjar Pranowo. Prabowo moncer dengan mengantongi dukungan sebanyak 52 persen. Angka itu jauh lebih tinggi dibandingkan Ganjar yang memperoleh 41,6 persen.

Bagi Suko dengan kondisi itu, Prabowo digambarkan sebagai sosok yang tepat untuk memimpin RI di periode berikutnya. Dia mengatakan saat ini Prabowo menampilkan keluwesan serta kehangatan berkomunikasi yang menarik perhatian mata publik.

Suko menyebut hal itu bisa jadi daya pikat bagi semua lapisan masyarakat jelang Pilpres 2024.

“Komunikasi Pak Prabowo cukup hangat dalam berkomunikasi, dia itu yang saya lihat adalah kehangatan yang ditunjukkan Pak Prabowo itu open,” ujarnya.

Dalam dinamikanya, Prabowo saat ini bacapres yang didukung parpol yang dipimpinnya Gerindra. Adapun Gerindra tengah menjalin koalisi dengan PKB dalam Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Selain itu, ada parpol non parlemen seperti Partai Bulan Bintang (PBB) yang sudah menyatakan dukungan ke Prabowo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya