PDIP Welcome jika PKB Dukung Ganjar Pranowo di Pilpres 2024

Hasto Kristiyanto di Rakerda III PDIP Jambi
Sumber :
  • PDI Perjuangan

Jakarta – Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyambut positif soal Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang membuka peluang untuk membangun kerja sama politik di Pilpres 2024.

Soal Usulan Jokowi Jadi Penasihat Prabowo, Pengamat Bilang Begini

Hal tersebut disampaikan Hasto menyusul pernyataan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin yang memberi sinyal akan merapat ke PDIP dan mendukung Ganjar Pranowo sebagai capres.

Hasto pun menilai, kerja sama politik merupakan sebuah kultur bangsa dalam membangun Indonesia ke depan. "Ya kami welcome, karena kerja sama itu kan menjadi suatu keharusan menjadi bagian dari kultur bangsa," ujar Hasto kepada wartawan di Sekolah Partai Lenteng Agung, Jakarta, Sabtu, 5 Agustus 2023.

Maju Wali Kota Solo, Politisi Muda PDIP Terinspirasi Gibran Rakabuming Raka

Hasto menambahkan, PDIP dan PKB memiliki sejarah dan historis yang amat panjang, terutama dari aspek ideologi kedekatan para pemimpinnya.

Tak hanya itu, dia juga menilai bahwa PDIP dan PKB memiliki akar basis massa yang saling melengkapi satu sama lainnya. Sehingga, kemungkinan kerja sama itu pun disambut baik oleh partai berlambang banteng moncong putih itu.

Juni 2024, PKS Akan Putuskan Sikap Koalisi atau Oposisi Prabowo-Gibran

Ketua DPP PDIP Puan Maharani bertemu dengan Ketum PKB Cak Imin.

Photo :
  • Twitter Muhaimin Iskandar @cakimiNOW

"Apalagi hubungan PDI Perjuangan dengan PKB itu kan memang dari sejarah pembentukannya dari aspek ideologi kedekatan para pemimpinnya, dan juga secara kultural serta akar basis massa itu memang saling melengkapi," ujar Hasto.

Hasto mengatakan bahwa pengumuman parpol yang akan bergabung untuk bekerja sama menunggu momentum yang tepat. Sebab, PDIP kini telah banyak melakukan dialog secara intens.

Apalagi, kini sudah tim kecil serta Ketua DPP PDIP Puan Maharani bersama Said Abdullah dan Bambang Wuryanto yang telah menemui Muhaimin Iskandar beberapa waktu lalu. "Pada momentum yang tepat akan diumumkan," katanya.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Jazilul Fawaid, buka suara mengenai sikap PDI Perjuangan (PDIP) yang gencar mendekati partainya beberapa waktu terakhir ini.

Terbaru, Puan Maharani bahkan menyebut ada peluang kerja sama politik antara partainya dengan PKB untuk Pilpres 2024.

Menurut Jazilul, pernyataan itu merupakan salah satu godaan untuk PKB. Terlebih, belum ada keputusan deklarasi calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres) dari Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR), yang dibentuk PKB dan Gerindra.

"Ya, selain kode itu juga godaan buat PKB," kata Jazilul kepada wartawan, Jumat, 28 Juli 2023.

Tak hanya membuka peluang kerja sama. PDIP bahkan secara terang-terangan juga menyebut Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, masuk 5 besar nama kandidat cawapres untuk bakal capres Ganjar Pranowo.

Jazilul mengatakan, PKB merasa terhormat dengan sikap PDIP itu. Masuknya nama Cak Imin dalam bursa cawapres Ganjar juga menurutnya menjadi angin segar bagi internal PKB.

Lebih lanjut, Jazilul mengatakan PKB bisa saja melanjutkan penjajakan dengan PDIP jika godaan yang datang semakin banyak. Terlebih, belum ada kepastian titik akhir antara PKB dengan Gerindra untuk Pilpres 2024.

"Ini bagaimana nanti Pak Muhaimin membahas dengan Pak Prabowo (Ketua Umum Partai Gerindra). Karena kalau godaan makin banyak, mana tahan juga lama-lama. Jadi ini bukan kaleng-kaleng, partai pemenang pemilu (PDIP)," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya