2 Alasan Krusial Jokowi yang Dinilai Lebih Cenderung Dukung Prabowo Dibandingkan Ganjar

Gibran Rakabuming Raka saat belajar naik kuda dengan Prabowo Subianto.
Sumber :
  • istimewa.

Jakarta - Manuver bakal calon presiden atau capres Prabowo Subianto yang menemui Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka dan relawan Jokowi tengah jadi perhatian. Jokowi ditafsirkan lebih merestui Prabowo ketimbang bacapres PDI Perjuangan (PDIP) yaitu Ganjar Pranowo.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Pengamat sekaligus Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO), Dedi Kurnia Syah menganalisa kedatangan Prabowo ke Solo bertemu relawan Jokowi dan Gibran punya makna dalam politik. Bagi dia, Jokowi lewat Gibran yang juga putra sulungnya ingin beri tanda dukungan kepada Prabowo sebagai bakal capres.

Pun, menurutnya pertemuan Prabowo dengan relawan Jokowi dan Gibran mengisyaratkan dua hal.

Ajak 38 DPW PAN ke Istana, Zulhas Tak Bahas Kabinet dengan Jokowi

"Jokowi telah restui Prabowo dalam dua hal, restui pencalonan Prabowo, dan restu Gibran mendukung Prabowo," kata Dedi, Kamis, 10 Agustus 2023.

Dedi menambahkan dengan dua hal itu jadi alasan makin menyatakan Jokowi dan keluarga besarnya lebih cenderung mendukung Prabowo dibandingkan Ganjar Pranowo.

Soal Peluang Ajak Jokowi Gabung ke PAN, Zulhas Berkelakar: Pak Jokowi Owner 

Ketum Gerindra Prabowo Subianto dengan Presiden RI Jokowi.

Photo :
  • Instagram @prabowo

Menurut dia, saat ini langkah politik Jokowi ditafsirkan semakin terang mengarah kepada Ketua Umum Partai Gerindra tersebut. "Dua hal ini menyimpulkan keberpihakan Jokowi kian terang pada Prabowo," ujar Dedi.

Momen kedekatan Prabowo dengan Gibran dan Jokowi belakangan ini jadi perhatian. Dalam beberapa kesempatan termasuk kunjungan ke daerah, Prabowo kerap diajak Jokowi.

Prabowo juga tampak memiliki kedekatan dengan anak sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka. Baik Prabowo dan Gibran sudah beberapa kali kesempatan satu mobil.

Dia menilai Gibran juga terlihat nyaman mendampingi Prabowo saat Menteri Pertahanan itu melakukan kunjungan ke Solo.

Faktor kedekatan Prabowo dengan Jokowi dan Gibran dinilai jadi pemicu nainya daya elektoral Prabowo jelang Pilpres 2024. Berdasar survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia periode 20-24 Juni 2023, Prabowo berhasil unggul dari dua bacapres lainnya Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

Dalam survei itu, Prabowo meraup suara 36,8 persen. Lalu, posisi kedua ada Ganjar dengan total suara sebesar 35,7 persen. Sementara, Anies di urutan tiga dengan raihan suara 21,5 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya