Sekjen PKS: Anies-AHY Oke, Tapi kalau Tidak, Jangan Dipelintir

Presiden PKS Ahmad Syaikhu bersama sang Sekretaris Jenderal Aboe Bakar Al Habsyi dalam sebuah kegiatan internal partai itu di Tangerang, Banten, Sabtu, 12 Agustus 2023.
Sumber :
  • VIVA/Sherly

TangerangKoalisi Perubahan untuk Persatuan pendukung calon presiden Anies Baswedan belum menentukan siapa yang akan mendampingi Anies untuk maju sebagai calon wakil presiden dalam pemilu 2024.

Pj Gubernur NTB Maju di Pilkada, Mendaftar Lewat Nasdem

Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengatakan, partainya telah memberi sinyal kepada Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sebagai bakal cawapres untuk mendampingi mantan Anies Baswedan.

"Sinyal ada, tapi kita (PKS, Partai Nasdem, dan Partai Demokrat) sepakat, keputusan nama bakal calon wakil presiden akan diserahkan kepada oleh Anies Baswedan. Timing-nya kapan, siapa kandidat yang chemistry, kembali kita serahkan [kepada Anies Baswedan]," katanya di Tangerang, Banten, Sabtu, 12 Agustus 2023.

Golkar Bertemu PKS, Peluang Koalisi di Pilkada Sumatera Utara Terbuka?

Calon Presiden Anies Baswedan Hadiri Milad PKS ke-21

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Jenderal PKS Aboe Bakar Al Habsyi menyebutkan, dalam waktu dekat nama bakal cawapres tersebut akan muncul untuk menjawab pertanyaan publik. "Kita ingin semua, dalam [Koalisi Perubahan] sepakat, ikhlas dalam pencapresannya Anies dengan siapa saja dari kelompok Koalisi Perubahan dan Persatuan kita ini," ujarnya.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Partai Demokrat dan Partai Nasdem, katanya, juga tidak mau gegabah untuk menyegerakan Anies Baswedan memilih dan menentukan sosok bakal cawapresnya. Sebab, peta politik saat ini masih sangat dinamis.

"Tinggal permasalahannya adalah kita lihat peta gelombang politiknya di Indonesia saat ini hangat hari demi hari. Jadi kita harus mampu wait and see dengan situasi, tidak boleh terburu-buru," ujarnya.

Bacapres Anies Baswedan dengan Ketum Demokrat AHY di Bandung, Jabar.

Photo :
  • Twitter @aniesbaswedan

"Anies dan AHY sebagai capres dan cawapres, kalau mau diputuskan Pak Anies begitu, ya, oke. Tapi kalau tidak, jangan dipelintir, karena semua sudah berdasarkan kesepakatan bertiga (Nasdem, Demokrat, PKS) untuk menyerahkan semuanya ke Anies."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya