Airlangga Sempat Temui JK Sebelum Golkar Deklarasi Dukung Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto
Sumber :
  • Istimewa

Jakarta – Partai Golkar sudah mendeklarasikan dukungan terhadap Prabowo Subianto sebagai bakal capres 2024. Namun, ada cerita menarik sebelum Golkar ambil sikap merapat ke Prabowo.

Ketua MPR: Tidak Ada Celah untuk Menunda atau Membatalkan Pelantikan Prabowo-Gibran

Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar, Lodewijk Freidrich Paulus menyebut ketua umumnya Airlangga Hartarto sempat menemui sejumlah senior partai berlambang Pohon Beringin itu. Kata Lodewijk, upaya itu bagian dari mekanisme internal serta tradisi Golkar.

"Ya, tentunya setelah kami rapat dengan para pimpinan Ketua DPD dari Golkar dan juga dengan senior-senior, akhirnya seperti itu keputusannya," kata Lodewijk di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa, 16 Agustus 2023.

PKS Mengaku Siap Hadapi Koalisi Enam Partai di Pilkada Depok 2024

Lodewijk mengungkapkan Airlangga sempat melaksanakan safari bertemu eks Ketua Umum Golkar Jusuf Kalla (JK). Pertemuan dengan JK itu dilakukan sebelum Golkar menentukan merapat ke Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR).

Politikus Senior PDIP Sebut Prabowo Banyak Kesamaan dengan Bung Karno

Dia bilang dari road show menemui tokoh senior Golkar itu disepakati dukungan terhadap Prabowo.

"Pak Airlangga juga road show ketemu dengan para ketua dewan dan juga ketemu dengan Pak JK. Tentunya inilah kesepakatan yang kami ambil," kata Lodewijk.

Sebelumnya, Golkar dan PAN resmi bergabung ke poros Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR) yang dibangun Gerindra dan PKB. Empat parpol parlemen itu menyatakan sepakat dukung Prabowo sebagai bakal capres 2024.

Ketum Golkar AIrlangga Hartarto dan Wapres ke 10 dan 12 RI Jusuf Kalla alias JK.

Photo :
  • Istimewa

Ketua Umum Golkar, Airlangga sebelumnya juga buka suara soal sikap partai yang dipimpinnya mendukung Prabowo. Dia mengatakan sikap itu sudah berdasarkan konsolidasi internal.

Airlangga menuturkan, dukungan tersebut sesuai permintaan dari suara kader partai.

“Tentu, Golkar sudah melakukan konsolidasi internal, baik dengan daerah maupun para senior. Tentu ini arah yang memang diminta oleh seluruh jajaran partai,” kata Airlangga di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta pada Senin, 14 Agustus 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya