PDIP Wacanakan Duet Ganjar-Anies, Pengamat: Saling Melengkapi Satu Sama Lain

Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo.
Sumber :
  • Twitter/aniesbaswedan

Jakarta - Elite PDI Perjuangan (PDIP) bermanuver dengan melontarkan wacana keinginan menduetkan bakal capres mereka Ganjar Pranowo dengan Anies Baswedan. Dalam politik, duet itu dinilai berpotensi terjadi.

PDIP Akui Terus Jalin Komunikasi dengan Parpol Lain untuk Pilgub Jakarta 2024

Pengamat politik yang juga peneliti Indikator Politik Indonesia, Bawono Kumoro menganalisa duet Ganjar dan Anies bisa terjadi dalam dinamika politik. Menurut dia, baik Ganjar dan Anies jika berduet bisa jadi pasangan calon saling melengkapi.

"Dengan menduetkan keduanya pun sebagai upaya untuk saling melengkapi, sehingga Ganjar dan Anies seperti pasangan yang ideal," kata Bawono, Selasa, 22 Agustus 2023.

Mulai Bawa Api Abadi Mrapen ke Jakarta, PDIP Siap Tarung di Pilkada 2024

Bawono menyampaikan kedua tokoh itu bisa saling melengkapi karena sama-sama memiliki karakteristik pernah jadi kepala daerah provinsi. Dua tokoh itu kerap jadi perhatian selama jadi gubernur yaitu Jawa Tengah dan DKI Jakarta.

Namanya di Kantong Megawati untuk Pilgub Jakarta, Risma: Nanti Kalau Sudah Keluar Kantong

"Selain itu, Ganjar dan Anies memiliki pengalaman dalam memimpin daerah apabila berduet saling melengkapi satu sama lain," jelas dia.

Sebelumnya, elite PDIP yang melontarkan wacana duet Ganjar dan Anies dilontarkan Ketua DPP Said Abdullah saat menanggapi hasil survei terbaru versi Litbang Kompas.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama sejumlah politikus PDIP.

Photo :
  • Istimewa

Merujuk survei Litbang Kompas, elektabilitas Ganjar masih mengungguli Anies. Bagi Said, figur Anies bukan kompetitor Ganjar.

Menurut dia, Ganjar dan Anies bisa saja berduet sehingga jadi satu kekuatan di 2024 nanti. Ia membanggakan Ganjar dan Anies sebagai sosok pemimpin yang cerdas.

Said bilang Ganjar dan Anies juga satu almamater yaitu lulusan Universitas Gadjah Mada.

"Apalagi jika keduanya bisa bergabung menjadi satu kekuatan, tentu akan makin bagus buat masa depan kepemimpinan nasional kita ke depan, sama sama masih muda, cerdas, dan enerjik," ujar Said, Senin, 22 Agustus 2023.

Dalam dinamikanya, Anies dan Ganjar juga pernah berada di satu panggung saat tampil dalam acara di kawasan Kuningan, Jakarta, 29 Juli 2023. Kedua tokoh itu tampak akrab bertemu dan bersalaman.

Saat itu, Ganjar dengan guyonan melempar pertanyaan ke awak media, "Kita cocok, enggak?"

Pun, saat jadi pembicara di atas panggung, Ganjar mengungkit cerita persahabatanya yang sudah lama dengan Anies sejak di Yogyakarta. "Mas Anies itu sahabat lama saya," ujar Ganjar.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya