Gerindra Buka Pintu untuk Budiman Sudjatmiko yang Dipecat PDIP

Habiburokhman
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Budiman Sudjatmiko resmi dipecat dari kader PDI Perjuangan, pasca mendukung Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden atau capres 2024. Partai Gerindra membuka pintu jika memang Budiman ingin masuk ke partai tersebut.

Jubir Ungkap Prabowo Ingin Bentuk 'Presidential Club', Megawati Diajak?

Surat sanksi pemecatan terhadap Budiman, ditandatangani Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen Hasto Kristiyanto pada Kamis, 24 Agustus 2023.

Wakil Ketua Umum Gerindra, Habiburokhman, mengaku menghormati keputusan PDIP. Partai besutan Prabowo Subianto itu juga tidak ingin mencampurinya terlalu jauh apa yang terjadi di internal PDIP. Walau Budiman dipecat karena mendukung Ketum Gerindra tersebut.

Gibran Akui Telah Siapkan Rencana Gabung Parpol Lain Setelah Hengkang dari PDIP

Politikus PDIP Budiman Sudjatmiko mendukung capres Prabowo Subianto

Photo :
  • FB Valerie Yudistira Pramudya

“Kami tidak dalam posisi untuk mencampuri urusan internal terkait pemecatan (Budiman Sudjatmiko). Sebaliknya, justru kami menghormati mekanisme organisasi di PDI Perjuangan. Baik PDI Perjuangan maupun Saudara Budiman adalah sahabat kami," kata Habiburokhman kepada awak media, Jumat, 25 Agustus 2023.

Imbas Erupsi Gunung Ruang, Caleg PDIP Ikut Sidang di MK via Daring

Habuburokhman mengaku, belum ada komunikasi apakah Budiman ingin bergabung dengan Gerindra. Hanya saja, kata Wakil Ketua Komisi III DPR tersebut, Partai Gerindra sangat welcome kepada siapapun, termasuk dengan mantan pentolan Partai Rakyat Demokrati atau PRD tersebut.

"Saat ini kami belum mendapat informasi apakah saudara Budiman ingin bergabung dengan partai Gerindra, jadi kami tidak mau berandai-andai. (Tapi) Prinsip partai Gerindra adalah partai yang terbuka seluruh warga negara Indonesia. Siapa pun yang menerima Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika bisa menjadi anggota Gerindra," jelasnya.

Resmi Dipecat PDIP

Aktivis reformasi sekaligus politikus PDIP Budiman Sudjatmiko

Photo :
  • Twitter.com/@budimandjatmiko

DPP PDIP resmi memecat Budiman Sudjatmiko sebagai kader PDIP pasca mendukung Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pilpres 2024.  
Surat pemecatan Budiman langsung ditandatangani oleh Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pada Kamis, 24 Agustus 2023.

"Memutuskan, memberikan sanksi organisasi berupa pemecatan kepada Sdr. Budiman Sudjatmiko, M.A. M.Phil dari keanggotaan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan," bunyi surat keputusan DPP PDIP tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya