Anies Baswedan: Negara Tidak Dirancang Berdagang dengan Rakyatnya!

Bakal Calon Presiden Anies Baswedan.
Sumber :
  • VIVA/Zendy Pradana.

Jakarta – Bakal calon presiden (Bacapres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan mengatakan bahwa negara itu tidak dirancang melakukan transaksi dengan rakyatnya sendiri.

Asosiasi Rumah Sakit Swasta Minta Pemerintah Tak Buru-buru Terapkan KRIS: Karena Tidak Urgent

"Negara itu tidak dirancang untuk bertransaksi perdagangan dengan rakyatnya, itu satu, negara tidak dirancang untuk itu," ujar Anies di acara kebudayaan di TIM, Kamis malam, 24 Agustus 2023.

Menurut dia, jika memang terjadi hal seperti itu, maka akan terjadi kerusakan yang masif karena masih menjadikan rakyatnya konsumen.

Duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga Masuk Bursa Pilwali Surabaya

"Karena itu, negara jangan berdagang dengan rakyatnya. Negara itu, kalau negara memandang rakyatnya sebagai konsumen, itu rusak semua urusan," jelas eks Gubernur DKI Jakarta itu.

KPU Akan Gelar RDP Bareng DPR Hari Ini, Bahas Evaluasi Pemilu 2024

Anies bilang, pemerintah sejatinya sudah tidak memikirkan untung dan rugi jika berurusan dengan rakyatnya. Bagi dia, dalam urusan dengan rakyat, pemerintah mesti berpikir manfaat atau tidak.

"Bagi pemerintah itu tidak untung dan rugi kalau dengan rakyat, dengan rakyat itu adalah bermanfaat atau manfaatnya kurang," kata dia.

Bahkan, Anies menuturkan jangan pernah merasa rugi ketika melakukan investasi tujuannya untuk masyarakat negara itu sendiri.

"Jadi kita memberikan, ketika kita memberikan investasi di kesehatan, pendidikan, kebudayaan, tidak boleh kita mengatakan 'wah ongkosnya terlalu mahal', sehingga kita itu tidak pas untuk melakukan investasi itu, bukan," ujar Anies.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya