Ganjar Pranowo Jawab Tantangan Debat Capres BEM UI: Sabar, Saya Masih Gubernur

Ganjar Pranowo di Pengenalan Mahasiswa Baru Universitas Pancasila
Sumber :
  • VIVA/ Galih Purnama

Jakarta – Bakal calon presiden (capres) yang diusung PDIP, Ganjar Pranowo, memberi jawaban terkait dengan tantangan dari Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI), untuk debat capres. 

Soroti RUU Kementerian Negara, PDIP: Jangan Cuma Bagi-bagi Kekuasaan

Diketahui bahwa BEM UI memberikan tantangan pada ketiga bakal capres untuk datang ke kampus UI pada 14 September 2023. Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo, ditantang untuk debat terbuka. Bukan sistem satu arah seperti kuliah umum. 

Ganjar hanya mengatakan, saat ini dirinya masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah.

Sosok yang Kembali Laporkan Anwar Usman ke MKMK Dipolisikan

“Sabar, saya masih jadi gubernur,” katanya usai orasi di depan mahasiswa baru Universitas Pancasila (UP), Jakarta, Senin 28 Agustus 2023.

Ganjar menilai, undangan diskusi dalam kampus sebagai hal yang bagus. Hal itu sesuai dengan putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang mengizinkan kampus untuk lokasi debat kandidat.

Revisi UU MK Dibahas Diam-diam, PDIP: Ini Sisi Gelap Kekuasaan

“Itu bagus karena sudah ada putusan MK yang membolehkan kampus dipakai debat kandidat, dan saya kira benar," katanya. 

Lebih lanjut Ganjar mengaku, sejak dulu dirinya termasuk yang setuju kalau kampus dipakai untuk ruang debat. Menurutnya, uji gagasan dan pikiran yang paling bagus di kampus.

"Tinggal kalau tradisinya sudah ada kan nanti orang akan punya tradisi keilmuan yang dipakai bukan emosional dan berfikir hanya sebelah saja, maka menurut saya itu menarik, saya kira itu musti diwujudkan," jelasnya.

Menyoal debat hanya di perguruan tinggi negeri (PTN), Ganjar menilai baik kampus negeri dan swasta sama saja. Sebab semua punya kepentingan terkait ini.

"Negeri sama swasta sama, semua punya kepentingan sama. Siapa bilang itu di swasta itu tidak punya kepentingan atau di negeri tidak punya kepentingan, semua punya kepentingan, boleh saja, tidak ada bedanya menurut saya," jelasnya.

Tantangan BEM UI

Sebelumnya, Ketua BEM UI, Melki Sedek Huang, menyebut tantangan untuk berdialog dengan ketiga bakal capres tersebut mendaptkan respons positif.

“Sejak kami layangkan tantangan ini dua hari yang lalu, sudah mendapatkan respons positif dari beberapa bakal calon presiden. Pak Anies Baswedan melalui akun pribadinya menyatakan siap, menanyakan itu kapan. Prabowo Subianto melalui para jubirnya menyatakan Pak Prabowo siap ke kampus,” kata Melki beberapa waktu lalu.

Sementara, Ganjar Pranowo, kata dia, meskipun ada beberapa pendapat, tapi pada intinya Ganjar menyatakan siap berdialog dengan mahasiswa.

“Kami rasa ini adalah tanggapan yang baik, kami secara konkret akan melaksanakan ini tanggal 14 September. Mulai besok undangannya akan kami sebar kepada setiap bakal calon presiden melalui alamatnya masing-masing. Kami masih menunggu konfirmasinya apakah siap untuk datang,” imbuh dia.


Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya