Survei LSI: Jika Head to Head, Ganjar Pranowo Unggul dari Anies Baswedan

Momen Ganjar Sempat Tanya 'Cocok Enggak' Saat Bertemu Anies
Sumber :
  • Twitter

Jakarta – Lembaga Survei Indonesia (LSI) merilis hasil survei terbaru terkait simulasi 2 nama atau head to head antara bakal calon presiden yang diusung oleh PDI Perjuangan, yaitu Ganjar Pranowo berhadapan dengan Anies Baswedan yang diusung oleh Koalisi Perubahan.

Ganjar Nyatakan Jadi Oposisi, Ganjarist: Ini Menunjukkan Beliau Tidak Mencla-mencle

Hasilnya, pada bulan Agustus 2023, Ganjar Pranowo unggul dengan 51,6 persen suara, sedangkan Anies Baswedan meraup 32,6 persen suara. 

"Posisi Ganjar unggul signifikan di angka 51,6 berhadapan dengan Anies, 32,6," kata Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan dalam paparannya secara daring, Rabu, 30 Agustus 2023.

Isu Duet Anies-Ahok di Pilkada DKI, Ganjar: Daftar Dulu Aja

Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan

Photo :
  • Tangkapan Layar: Instagram

Sedangkan, hasil survei LSI pada bulan Agustus 2022 lalu, Ganjar tetap unggul melawan Anies jika head to head. Ganjar meraup suara pada Agustus tahun lalu sebesar 40,9 persen dan Anies sebesar 40,8 persen.

Ganjar Tegaskan Jadi Oposisi Mewakili Pribadi: Kalau Partai Akan Memutuskan Saat Rakernas

Survei dilakukan 3-9 Agustus 2023 lalu, populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Metodologi survei menggunakan metode multistage random sampling, dengan jumlah responden 1220 responden. Kemudian,  margin of error sebesar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Lalu, teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya