Prabowo Kalahkan Ganjar, LSI: Selisihnya di Atas Margin Error

Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo di Festival Belajaraya 2023 Jakarta
Sumber :
  • VIVA/ Yeni Lestari

Jakarta – Hasil survei Lembaga Survei Indonesia atau LSI, juga melakukan simulasi head to head. Jika Prabowo Subianto berhadapan dengan Ganjar Pranowo, LSI menyebut Prabowo unggul, bahkan selisihnya di atas margin error.

Gak Mau Masuk Pemerintahan Prabowo, Intip Harta Berjalan Ganjar Pranowo

Survei itu dilakukan pada Agustus 2023. Head to head Prabowo dengan Ganjar, dimana elektabilitas Prabowo 47,3 % sedangkan Ganjar 42,2 %.

Direktur Eksekutif LSI, Djayadi Hanan, memaparkan jika nanti ada putaran kedua dan Prabowo berhadapan dengan Ganjar, maka keunggulan ada di Prabowo. Dimana selisihnya mencapai 5,1 % untuk keunggulan Prabowo.

Elite PDIP Harap Prabowo Jalankan Ajaran Bung Karno Wujudkan Trisakti

"Hampir dua kali margin of error keunggulannya, jadi keunggulan yang meski 2 kali margin of error saya kira cukup meaningful. Mungkin kalau dibandingkan survei-survei yang lain keunggulan Prabowo terhadap Ganjar Pranowo ini di simulasi 2 nama sementara ini turun," jelas Djayadi Hanan, dalam paparan hasil survei secara daring, Rabu 30 Agustus 2023.

Survei dilakukan 3-9 Agustus 2023 lalu. Populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang punya hak pilih dalam pemilihan umum, yakni mereka yang sudah berumur 17 tahun atau lebih atau sudah menikah ketika survei dilakukan.

Balas Prabowo, Ganjar Ingatkan "Yang Kerja Sama Saja Bisa Ganggu"

Metodologi survei menggunakan metode multistage random sampling, kemudian jumlah responden 1.220. Kemudian, menghasilkan margin of error sebesar kurang lebih 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. 

Lalu, teknik pengumpulan data dengan melakukan wawancara tatap muka dengan menggunakan kuesioner. Quality Control terhadap hasil wawancara dilakukan secara random sebesar 20 persen dari total sampel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya