Menteri Kesehatan Terang-terangan Akan Tiru China untuk Mengatasi Polusi Udara di Jakarta

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, The Interview
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan, pemerintah Indonesia akan meniru cara kebijakan di China untuk menangani masalah polusi udara di Jakarta dan sekitarnya. Dia mengklaim sudah berdiskusi dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) tentang rencana tersebut.

Shin Tae-yong Yakin Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade meski Dihajar Uzbekistan

"[usulan rencana] ini sudah kami kirim ke kantor Presiden biar bisa kita tiru sajalah cara [yang dilakukan China untuk mengatasi polusi udara] ini," kata Budi Gunadi dalam rapat bersama Komisi IX DPR RI di Kompleks Parlemen, Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

Budi menuturkan, pemerintah China berhasil menurunkan tingkat polusi di Negeri Tirai Bambu dalam kurun waktu 7 tahun terakhir. Berdasarkan riset, katanya, China terkategori paling cepat menurunkan polusi udara di sana sebelum negara itu menjadi tuan rumah Olimpiade pada 2022.

Raja Sapta Oktohari yakin Timnas Indonesia U-23 Lolos Olimpiade 2024 meski Dikalahkan Uzbekistan

Kota Beijing, China.

Photo :
  • Pixabay

"China itu bisa nurunin polusi [dalam waktu] 6-7 tahun. Itu the best in the world," kata dia.

PDIP Klaim 5 Ribu Suaranya Direbut PAN di Dapil Jawa Barat IV

Upaya yang dilakukan pemerintah China itu, menurut Budi, seperti memasang ribuan alat pemantauan kualitas udara di setiap titik. Maka, ketika mengetahui daerah tertentu terpantau tingkat polusinya tinggi, mereka akan segera mencari tahu dan menentukan akar masalahnya, dari regional atau lokal.

Selain meniru langkah China, katanya, pemerintah juga akan menguatkan infrastruktur kesehatan di tingkat bawah, seperti puskesmas-puskesmas yang tersebar di berbagai kecamatan.

Polusi Udara Jakarta

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sementara Ketua Komisi IX DPR RI Felly Estelita Runtuwene yang memimpin rapat mengaku telah mendengarkan penjelasan Menkes. Meski begitu, kata dia, DPR dalam masalah ini, bukan dalam posisi setuju maupun tidak.

"Penjelasan terkait strategi dan langkah strategis yang diambil dalam pencegahan dan penanganan dampak dari polusi udara terhadap kesehatan," kata Felly.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya