Situasi Terkini di DPW PKB Jatim Jelang Rapat Pleno soal Duet Anies-Cak Imin

Kantor DPW PKB Jawa Timur di Surabaya, Jawa Timur
Sumber :
  • VIVA/Nur Faishal

Surabaya – DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menjadwalkan rapat pleno terkait keputusan duet Anies Baswedan - A Muhaimin Iskandar (Anies-Cak Imin) di kantor DPW PKB Jatim di Jalan Gayungsari Surabaya, Jumat, 1 September 2023. Sejumlah kader PKB mulai berdatangan di lokasi.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Berdasarkan pesan undangan yang beredar, rapat tersebut dihadiri oleh jajaran Dewan Syuro dan Tanfidz DPP PKB. Bila begitu Cak Imin juga hadir di rapat tersebut. Rapat tersebut membahas tentang Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang digagas PKB dan NasDem, yang memunculkan isu duet Anies-Cak Imin pada Pilpres 2024.

Pantauan VIVA Jatim di kantor DPW PKB Jatim, beberapa kader partai hijau itu mulai berdatangan sejak siang selepas Salat Jumat. Beberapa di antaranya kepala daerah dan anggota DPRD dari PKB. Sekretaris Jenderal DPP PKB Muhammad Hasanuddin Wahid dan Ketua PKB Jatim A Halim Iskandar juga sudah datang.

MK Sebut Hakim Arsul Sani Bisa Tangani Sengketa Pileg PPP

Sekretaris DPW PKB Jatim, Anick Maslachah mengaku belum mengetahui pasti apa yang akan dibahas dalam rapat pleno tersebut. PKB Jatim, kata dia, hanya menyediakan tempat untuk rapat tersebut. "Tunggu hasilnya nanti selesai rapat," ujarnya.

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin.

Photo :
  • VIVA/Yeni Lestari
PKB dan Nasdem Merapat ke Koalisi Prabowo-Gibran, Kaesang Bilang Begini

Sebelumnya diberitakan, Partai Demokrat mengaku mendapatkan informasi bahwa bakal calon presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan setuju akan kerja sama politik antara Nasdem dengan PKB.

Bahkan, ada informasi bahwa Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cam Imin diusung sebagai bakal calon wakil presiden (cawapres) Anies.

"Kemarin, 30 Agustus 2023, kami mendapatkan informasi dari Sudirman Said, mewakili capres Anies Baswedan, bahwa Anies telah menyetujui kerja sama politik Partai NasDem dan PKB, untuk mengusung pasangan Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar," ujar Sekjen Demokrat Teuku Riefky Harsya dalam keterangannya resminya, Kamis, 31 Agustus 2023.

Teuku menyebut keputusan terkait duet antara Nasdem-PKB dengan mengusung Anies dan Cak Imin itu diambil sepihak oleh Ketua Umum Partai Nasdem, Surya Paloh. "Persetujuan ini dilakukan secara sepihak atas inisiatif Ketum NasDem, Surya Paloh," katanya.

Sementara Muhammad Hasanuddin Wahid mengatakan bahwa tawaran dari Nasdem untuk menduetkan Anies dengan Cak Imin, merupakan jalan langit. Pasalnya, penjajakan kerja sama politik dari Nasdem muncul secara tiba-tiba dan diwaktu yang tepat. Maka dari itu, PKB menyambut baik tawaran tersebut.

Di sisi lain, isu berkembang juga menyebutkan bahwa duet Anies-Cak Imin akan dideklarasikan di Tugu Pahlawan Surabaya pada Jumat ini. Namun, kabar burung itu belum terkonfirmasi. Beberapa kader NasDem yang dihubungi VIVA mengaku belum mendapatkan instruksi untuk menghadiri acara deklarasi di Surabaya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya