Sudirman Said Sebut Sikap Anies ke AHY Bukan Pengkhianatan, Cuma Belum Berjodoh

Sudirman Said (Kanan).
Sumber :
  • Syaefullah/VIVA.co.id

Jakarta – Juru Bicara Anies Baswedan Sudirman Said mengatakan bahwa Anies Baswedan tak bisa memilih apapun ketika Ketua Umum Partai Nasional Demokrasi (NasDem) Surya Paloh memilih Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjadi bacawapres di Pilpres 2024 nanti. 

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Sudirman juga turut menyinggung sosok Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang telah legowo menerima semua keputusan Anies dan Partai NasDem.

"Saya melihat kedua tokoh muda yang saya kenal baik, Mas AHY dan Mas Anies Baswedan adalah generasi baru Pemimpin Indonesia yang cerdas, santun, visioner, dan tetap menjunjung etika dan integritas," ujar Sudirman Said dalam keterangan tertulisnya, Senin 4 September 2023.

Andi Arief Dikabarkan Sakit di Singapura, Butuh Donor Hati

"Yang terjadi diantara keduanya bukanlah tindak pengkhianatan satu sama lain, melainkan niat baik dan komitmen bekerja sama yang belum bertemu momentum. Keduanya memiliki keterbatasan dalam mewujudkannya, terlebih Mas Anies yang bukan pengurus atau kader Partai tertentu, sehingga tidak punya daya paksa untuk memutuskan apa yang sudah menjadi pilihannya," lanjutnya.

Anies Baswedan dan AHY di DPP Demokrat

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa
Anies Beri Tanggapan Begini atas Pernyataan Luhut Minta Prabowo Tak Bawa Orang 'Toxic'

Sudirman menyebutkan bahwa Anies dan AHY sebenarnya bisa menjadi pemimpin yang cerdas untuk Negara Indonesia. Kendati, dia menilai sikap AHY sangatlah bijak agar legowo menerima semuanya.

"Sikap memaafkan dan mengajak seluruh kader untuk “move on” memberi signal yang menunjukkan kedewasaan politik, baik dari Ketua Umum Mas AHY maupun seluruh jajaran Partai Demokrat," kata dia.

Sudirman menuturkan sikap AHY dalam menerima semua kenyataan yang terjadi adalah bentuk sikap terpuji. AHY bahkan masih bisa bekerja sama dalam agenda besar lainnya dengan Anies.

"Kesediaan untuk tetap bekerja sama dalam agenda-agenda kebangsaan yang lebih besar adalah sikap yang terpuji, yang menempatkan kepentingan bangsa di atas kepentingan subyektif masing-masing pihak," ungkap dia.

Sudirman berharap AHY dan Partai Demokrat bisa menemukan jalan terbaiknya. Dia juga sadar bahwa Pilpres hanyalah satu fragmen pengelolaan bangsa dan negara.

"Saya berdoa Mas AHY dan Partai Demokrat akan menemukan jalan terbaik untuk bersama-sama terus berkontribusi bagi perbaikan dan kebaikan Indonesia ke depan," kata dia.

"Kita semua menyadari bahwa Pemilu dan Pilpres hanyalah satu fragmen pengelolaan bangsa dan negara. Bila dalam Pemilu belum bisa bekerja sama, masih banyak agenda-agenda besar yang dapat mempertemukan kedua tokoh muda ini," imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya