SBY Berpeluang Ketemu Megawati Jajaki Koalisi, Jansen PD: 'Tembok Berlin' Akhirnya Bisa Runtuh

Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono
Sumber :
  • Twitter Ossy Dermawan @OssyDermawan

Jakarta - PDI Perjuangan (PDIP) beri sinyal peluang pertemuan antara ketua umumnya Megawati Soekarnoputri dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pertemuan dua tokoh itu diproyeksikan untuk penjajakan koalisi di Pilpres 2024.

Isu Partai Rival Gabung Dukung Prabowo, Sangap Surbakti Khawatir Bisa Jadi Duri dalam Daging

Menanggapi itu, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Jansen Sitindaon merespons positif. Meskipun, kata dia, Demokrat belum bisa berkomentar terkait langkah selanjutnya usai keluar dari koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) yang mendukung Anies Baswedan sebagai bakal capres.

Namun, menurut dia, tak masalah dengan rencana pertemuan SBY dan Megawati. Dia mengibaratkan Demokrat keluar dari perubahan menuju rekonsiliasi.

KSAD Tegaskan TNI AD Tegak Lurus Selama Masa Transisi Kepimpinan Presiden Jokowi

"Walau kami belum boleh komentar soal mau kemana ini: SIAP MAS! Gak apa-apa wes, dari perubahan menuju rekonsiliasi. Baik utk negeri. “Tembok berlin” Indonesia akhirnya bisa runtuh," tulis Jansen di akun Twitter X-nya dikutip pada Rabu, 6 September 2023.

PDIP Tak Mau Pusing Mikirin Jokowi dan Gibran yang 'Bakar' Rumahnya Sendiri

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan, pihaknya buka peluang menggelar pertemuan antara ketumnya Megawati dengan SBY dalam rangka komunikasi penjajakan koalisi menuju 2024. 

Menurut dia, rencana pertemuan Megawati dan SBY akan digodok setelah Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowo Presiden 2024 diumumkan ke publik pada Rabu, 13 September 2023.

Namun, Hasto menuturkan, pertemuan Megawati dan SBY tetap menunggu arahan Dewan Pengarah TPN Ganjar Pranowo. Ia mengatakan demikian karena pertemuan dua tokoh itu diproyeksikan menyangkut kerja sama politik parpol untuk Pilpres 2024.

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Maka itu, menurutnya perlu arahan seluruh Dewan Pengarah TPN yang terdiri dari ketum parpol pengusung Ganjar Pranowo.

Dalam dinamikanya, Demokrat menyatakan mundur dari poros KPP yang mendukung Anies. Mereka merasa dikhianati Anies dan Partai Nasdem soal urusan pemilihan bakal cawapres. 

Adapun saat ini muncul nama Ketum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin jadi bakal cawapres Anies. Duet Anies-Cak Imin juga sudah dideklarasikan di Surabaya, Jawa Timur, Sabtu, 2 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya