Nama Koalisi Perubahan Tak Diganti, Nasdem: Tidak Pas Kalau Diklaim Partai Tertentu

Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat

Jakarta - Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Nasdem, Ahmad Ali menegaskan, tidak akan ada perubahan nama koalisi usai Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) bergabung. Narasi perubahan bakal tetap diusung untuk Pilpres 2024 mendatang.

PKS Minta Anies Baswedan Pertimbangkan Peluang Sudirman Said Maju Pilkada Jakarta

"Koalisi Perubahan itulah nama koalisi yang sudah ditetapkan karena kata perubahan itu satu keniscayaan," ujar Ali kepada wartawan di DPP Partai Nasdem, Jakarta Pusat, Rabu, 6 September 2023.

Ali kembali menegaskan bahwa, kata perubahan tak pas jika diklaim hanya milik partai politik tertentu. Menurutnya, narasi perubahan sejatinya juga lekat dengan Partai Nasdem sejak lama.

PKS Lempar Sinyal Bikin Poros Rival Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2024

"Itu bukan ketika ada orang yang mengklaim bahwa itu punya atau milik mereka rasanya nggak pas. Karena saat partai ini dilahirkan dia sudah membawa tagline perubahan," katanya.

Wakil Ketua Umum DPP Nasdem Ahmad Ali.

Photo :
  • VIVA.co.id/Ilham Rahmat
PKS: Kalau Anies Mau Maju Lagi di DKI Monggo tapi Kami Ingin Mengajukan Kader

Maka dari itu, Ali menilai narasi perubahan tidak dapat diklaim menjadi gagasan yang bersumber dari parpol tertentu. Nasdem, lanjut dia, sudah membawa narasi perubahan sejak pertama kali didirikan.

"Gagasan narasi perubahan itu adalah narasi yang memang dibawa partai NasDem ketika pertama kali NasDem didirikan," pungkasnya.

Sebelumnya, Partai Demokrat telah mencabut dukungannya kepada Anies Baswedan sebagai bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP). Saat ini, Demokrat pun bebas berkomunikasi dengan siapapun jelang Pilpres 2024 nanti.

"Dengan demikian partai Demokrat setelah ini dua atau tiga ke fepan sudah bebas untuk membangun komunikasi dengan partai-partai lain dalam rangka membangun koalisi menuju pilpres tahun 2024," ujar Sekretaris Majelis Tinggi Partai Demokrat Andi Mallarangeng kepada wartawan di Cikeas Bogor, Jawa Barat, Jumat 1 September 2023.

Di sisi lain, Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan, dalam waktu dekat Anies Baswedan selaku bacapres dari Partai Nasdem harus mengganti nama Koalisi Perubahan. Pasalnya, kata Syarief, nama Koalisi Perubahan adalah murni dari pemikiran partai Demokrat.

"Idea Perubahan adalah original dari PD (Partai Demokrat) sehingga tetap menjadi tema misi PD ke depan," ujar dia kepada wartawan, Minggu 3 September 2023.

Syarief juga menjelaskan bahwa nama Koalisi Perubahan itu adalah program dari Partai Demokrat. Dia juga menyebutkan, Demokrat sudah resmi mengemukakan 14 agenda perubahan yang diungkapkan langsung oleh Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono. Ia meminta agar koalisi baru Anies Baswedan untuk menggunakan nama lain.

"Baiknya nama lain," kata Syarief ketika ditanyakan Anies boleh atau tidak pakai nama Koalisi Perubahan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya