Megawati dan SBY Berpeluang Bertemu, Demokrat Ancang-ancang Siapkan Opsi 3 Poros

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri direncanakan bertemu dengan Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY. Meski belum pasti, rencana pertemuan itu direspons positif Demokrat.

Politikus PDIP Sebut Ahok dan Anies Berasal dari Akar Rumput Berbeda

Deputi Bappilu DPP Partai Demokrat Kamhar Lakumani mengatakan pihaknya menyambut baik pertemuan antara Megawati dan SBY. Dia menyebut jika terealisasi, pertemuan dua tokoh itu seperti silaturahmi kebangsaan.

"Kami menyambut baik rencana silaturahmi kebangsaan Pak SBY dan Ibu Megawati. Ini tentunya akan berdampak positif tak hanya pada dinamika politik Pilpres. Namun, juga pada dinamika politik kebangsaan," kata Kamhar, dalam keterangannya, Kamis malam, 7 September 2023.

Rahmat Mirzani Djausal, Cagub Pilihan Prabowo Subianto untuk Wakili Lampung

Pun, Kamhar menyinggung arah koalisi Demokrat pasca keluar dari poros pendukung Anies Baswedan. Menurut dia, semua peluang koalisi bakal dijajaki Demokrat.

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Dia menyebut setidaknya ada tiga opsi poros yang siap dijajaki Demokrat. Dua opsi pertama yaitu antara gabung ke poros pendukung Ganjar Pranowo atau Prabowo Subianto. Lalu, opsi poros lain yaitu membangun koalisi baru. 

"Baik itu opsi untuk bergabung pada 2 koalisi yang telah ada, koalisi yang mengusung Pak Prabowo maupun opsi koalisi yang mengusung Pak Ganjar. Termasuk juga opsi poros koalisi baru," jelas Kamhar. 

Kamhar menyebut semua opsi tersebut dihitung dengan cermat dan seksama. Dengan cara itu, harapannya agar saatnya Majelis Tinggi Partai (MTP) sudah memutuskan maka keputusan yang diambil tepat untuk tercapainya sukses Pemilu 2024 termasuk Pileg dan Pilpres.

Lebih lanjut, dia menambahan pada pekan ini melalui rapat pleno dan commanders call yang sudah dilakukan untuk bertujuan menjaring aspirasi kader. Hal itu akan jadi bahan pertimbangan MTP untuk memutuskan arah koalisi.

"Menjadi bahan pertimbangan MTP pada saat membahas dan memutuskan arah koalisi Partai Demokrat ke depan. Jadi kita tunggu saja hasil keputusan MTP," ujarnya.

SBY saat menyalami Megawati.

Photo :
  • Biro Pers Istana/ Abror Rizki

Sebelumnya, dari PDIP bersuara terkait rencana pertemuan Megawati dan SBY. Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyebut, pihaknya buka peluang menggelar pertemuan dua tokoh tersebut dalam rangka komunikasi penjajakan koalisi menuju 2024.

Menurut Hasto, rencana pertemuan Megawati dan SBY akan digodok setelah Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar Pranowodiumumkan ke publik pada Rabu, 13 September 2023.

 Tapi, dia mengatakan, pertemuan Megawati dan SBY masih menunggu arahan Dewan Pengarah TPN Ganjar Pranowo. Hasto menyampaikan demikian karena pertemuan dua tokoh itu diproyeksikan untuk kerja sama parpol untuk Pilpres 2024.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya