Jalankan Perintah Prabowo, Endipat Wijaya Komitmen Majukan Pendidikan di Kepri

Ketua DPP Partai Gerindra Endipat Wijaya
Sumber :
  • Dok. Istimewa

Jakarta – Sebanyak 48 calon mahasiswa dari Kepulauan Riau (Kepri) menerima beasiswa S1 di Universitas Kebangsaan Republik Indonesia (UKRI) Bandung. Beasiswa ini dimotori oleh Ketua DPP Partai Gerindra yang juga merupakan Caleg DPR RI dari Dapil Kepulauan Riau (Kepri) pada pemilu 2024 mendatang.

Ketua DPW PPP se-Indonesia Solid Hadapi Pilkada 2024, Mardiono: Kita Bangkit Kembali

Pemberangkatan 48 penerima beasiswa ini sendiri dilepas oleh Ketua DPD Partai Gerindra Kepulauan Riau, Iman Sutiawan. Sosok yang akrab disapa Endi tersebut mengatakan, program peningkatan pendidikan di Kepri sudah ia lakukan sejak dua tahun terakhir. 

Calon mahasiswa dari Kepri penerima beasiswa di UKRI

Photo :
  • Dok. Istimewa
Apakah Sekolah Masih Penting? Apakah Generasi Muda Harus Memiliki Cita-Cita?

Endi mengaku sudah menyalurkan beasiswa ke hampir 60 ribu siswa, baik itu SD, SMP, SMU/SMK, dan mahasiswa S.1, S.2. 

"Total sejauh ini saya telah mampu memperjuangkan beasiswa hampir ke 60 ribu siswa di Kepri, baik itu untuk pendidikan didalam provinsi Kepri atau yang melanjutkan pendidikan diluar Kepri, ke Jakarta atau ke Bandung misalnya" kata Endi dalam keterangan yang diterima, Jumat 8 Agustus 2023.

DPR Tolak Iuran Pariwisata Dibebankan ke Industri Penerbangan, Tiket Pesawat Bisa Makin Mahal

Menurut pria yang merupakan lulusan Magister dari Swiss-German University ini, program untuk memperbaiki tingkat pendidikan di Kepri tak lain karena menjalankan amanah dan perintah Pak Prabowo. 

"Sesuai perintah dari Pak Prabowo ya, karena beliau merupakan sosok yang concern terhadap kesejahteraan masyarakat, apalagi dunia pendidikan, maka dari itu, saya juga ingin memperjuangkan para warga Kepri untuk mendapat pendidikan yang layak," kata Endi melanjutkan.

Saat ini, beasiswa yang diupayakan oleh pria yang menjadi stafsus di Kementerian Pertahanan ini, tak lain berdasarkan program-program beasiswa yang dijalankan pemerintah pusat. Endi berjuang dan berkoordinasi dengan banyak pihak terkait agar lebih banyak lagi siswa yang terjaring dalam program tersebut.

"Kita juga berkoordinasi dengan para pihak terkait, agar beasiswa ini bisa dirasakan masyarakat Kepri lebih luas," kata caleg Gerindra dengan nomor urut 1 tersebut.

Dikatakan Endi, program beasiswa ini akan terus digalakkan dan semakin masif seiring meningkatnya kepercayaan masyarakat Kepri.

Komitmen yang dikatakan Endi ini bukan tanpa bukti. Selama tahun 2022 sampai tahun 2023, Endi sudah bisa mengupayakan program beasiswa terhadap 60.000 siswa SD, SMP dan SMA di Kepri untuk menerima Program Indonesia Pintar (PIP). 

Setiap siswa mendapatkan bantuan uang tunai secara berbeda berdasarkan tingkatan sekolah, untuk siswa SMA dan SMK mendapatkan uang tunai Rp 1 juta, kemudian siswa SMP besarannya Rp 750.000 dan untuk siswa SD mendapatkan bantuan Rp 450.000. 

Program Indonesia Pintar sendiri merupakan program pemerintah pusat yang disalurkan melalui anggota DPR RI dimasing-masing daerah pemilihan. Dan khusus yang disalurkan melalui Partai Gerindra di Provinsi Kepri beberapa tahun terakhir, diperjuangkan melalui Endi, meskipun dia belum menjadi anggota DPR RI. 

Itu sebabnya, pada pileg 2024 mendatang, Endi akan mencalonkan diri menjadi anggota DPR RI. 

“Tanpa adanya kewenangan formal, saya tidak akan terlalu banyak bisa berbuat demi kebaikan masyarakat Kepri. Untuk itu, saya mohon bantuan, pada pileg mendatang saya akan mencalonkan diri. Jika nanti saya diberi amanah sebagai Anggota DPR RI, ditambah Pak Prabowo mendapat kepercayaan sebagai Presiden RI, saya akan makin memperluas jangkauan program beasiswa ini untuk meningkatkan prestasi anak-anak Kepri di bidang pendidikan.” lanjutnya lagi.

Ilustrasi sistem pendidikan dan perkembangan teknologi.

Photo :
  • Pinterest

Selain memajukan bidang pendidikan, Endi juga ingin menjadikan Kepri sebagai provinsi yang mendapat perhatian khusus dari Pemerintah pusat. Menurutnya, hal ini layak diperjuangkan mengingat Kepri menjadi provinsi yang berbatasan langsung dengan 6 negara tetangga termasuk Singapura dan Malaysia.

"Kita ingin menarik perharian pemerintah pusat, mengingat Kepri merupakan Provinsi yang dekat dengan negara tetangga, sehingga pemerintah pusat harus lebih memberi perhatian khusus, terutama kesejahteraan masyarakat Kepri," Pungkas dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya