Sebelum Pilih Berlabuh ke Prabowo atau Ganjar, Yenny Wahid Ziarah ke Makam Leluhur

Yenny Wahid nyekar ke makam ayahnya Abdurrahman Wahid alias Gus Dur.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Uki Rama

Jombang - Nama Putri Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid yakni Yenny Wahid santer dikaitkan dengan 2 bakal calon presiden RI Ganjar Pranowo dan Prabowo Subianto. Yenny digadang-gadang masuk dalam bursa bakal cawapres Prabowo dan Ganjar. 

Keras! Refly Sentil Anies: Dia Kan Individual, Tak Perlu Raker untuk Mengatakan Oposisi

Terkait itu, Yenny pun melakukan perjalanan spiritual sebelum menentukan melabuhkan dukungannya di Pilpres 2024

"Hari ini saya melakukan riadho spiritual, memang lazim saya lakukan, datang (ziarah) ke makam para leluhur saya, makam Mbah Hasyim Asy'ari, makam Mbah Wahid Hasyim, eyang Solichah dan ayah saya sendiri kiai haji Abdurrahman Wahid," kata Yenny di Jombang, Kamis, 7 September 2023.

Airlangga Bantah Golkar dan PAN Rebutan Jatah Menteri ESDM di Kabinet Prabowo

Dia menuturkan dengan cara itu bisa menuntunnya untuk memberikan kemantapan untuk memilih bakal capres 2024.

"Tujuannya untuk berdoa, agar saya diberikan ketetapan hati untuk memilih nantinya calon yang terbaik, dan yang kita anggap paling terbaik untuk memimpin Indonesia," ujar Yenny.

Jokowi Perintahakan Sri Mulyani Jalin Komunikasi dengan Prabowo, Untuk Apa?

Menurut dia, untuk menentukan dukungan terhadap salah satu capres di 2024 bukanlah hal yang mudah. Karena setiap calon memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing sehingga dibutuhkan kejelian dalam memilih calon.

"Karena semua calon yang ada punya banyak kelebihan tapi ada juga kekurangan-kekurangannya, jadi harus betul-betul jernih untuk melihatnya," tutur Yenny. 

Maka itu, ia mengaku perlu ada upaya spiritual selain  analisa secara politik terhadap dinamika politik yang terjadi. Dia menuturkan saat ini yang dibutuhkan politik dengan didasari moralitas dan dilandasi hati nurani.

"Untuk tetap bisa melakukan politik yang berdasarkan moralitas yang sifatnya tidak hanya transaksional belaka hanya sekadar untuk menang-menangan saja, maka bagi saya penting untuk bertafakur sejenak di makam para leluhur saya," jelas Yenny. 

Lebih lanjut, Yeni mengaku perlu mencari inspirasi, untuk menyamakan sosok perjuangan para capres seperti para leluhurnya di Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang.

"Ini juga untuk mencari inspirasi dari perjuangan beliau-beliau terdahulu. Karena beliau terdahulu perjuangannya, sangat nyata bagi masyarakat," lanjut Yenny. 

"Yang didahulukan bukan egonya, bukan keinginan untuk berkuasa, tetapi apa yang betul-betul menjadi kebutuhan masyarakat," tutur Yenny.

Prabowo Subianto dan Yenny Wahid jumpa pers di Kertanegara

Photo :
  • VIVA/Ye

Ia mengaku membutuhkan kekuatan dari para leluhur Ponpes Tebuireng untuk menghadapi pilpres tahun 2024 mendatang.

"Saya perlu mencari kekuatan, dari apa yang telah beliau-beliau (para leluhur ponpes Tebuireng) perjuangkan. Dari sikap teladan beliau-beliau berjuang saya perlukan untuk berjuang bersama masyarakat," tutur Yeni.

Ia menyebut upaya spiritual yang dilakukan di beberapa makam leluhurnya termasuk ke makam para wali juga untuk menentukan arah dukungan di Pilpres 2024 nanti.

"Saya berdoa agar dituntun membuat keputusan yang benar, agar bisa menentukan dukungan pada pemimpin yang benar-benar meneruskan mimpi emas Indonesia untuk menjadi negara yang besar," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya