Pengamat: Masyarakat Jabar Masih Menaruh Harapan kepada Prabowo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto saat di KPU.
Sumber :
  • Twitter Partai Gerindra @Gerindra

Jakarta - Bakal calon presiden (capres) Prabowo Subianto dinilai masih jadi harapan masyarakat Jawa Barat. Ada beberapa alasan yang salah satunya Prabowo memang memiiki basis suara di Tanah Pasundan.

Ketum PAN Zulhas: Ridwan Kamil Insya Allah di Jakarta

Pengamat Politik Universitas Padjadjaran, Ari Ganjar Herdiansah menganalisa Prabowo yang juga Ketua Umum Gerindra itu dianggap punya sikap tegas dan berwibawa masih disukai oleh rakyat Jabar.

Menurut dia, meski eks Danjen Kopassus itu saat ini merupakan bagian pemerintahan Kabinet Indonesia Maju. Hal itu yang dinilai membuat masyarakat Jabar sempat merasa kecewa terhadap Prabowo.

Zulhas Yakin Ridwan Kamil Maju Pilgub Jakarta Bukan Jabar

"Saya melihat warga Jabar ini masih menaruh harapan kepada Prabowo. Meskipun Prabowo masuk ke dalam pemerintah," kata Ari Ganjar, Sabtu, 9 September 2023.

Prabowo: Tidak Boleh Ada Anak Menangis karena Kelaparan

Dia menuturkan kondisi itu berbeda dengan bakal Capres Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan. Meski Anies jadi pesaing terkuat Prabowo di Jabar, namun positioning eks Gubernur DKI itu tak sekuat Prabowo.

Ari mengatakan demikian, karena Anies dipersepsikan kurang bebas dalam bersikap lantaran 'dikendalikan' oleh Ketua Umum NasDem, Surya Paloh. Faktor itu yang kurang disukai masyarakat Jabar.

"Sedangkan Anies, ini seperti yang kita tau kurang lebih leluasa juga pergerakan politiknya, tidak seperti Prabowo," ujarnya.

Adapun status Prabowo sebagai Ketua Umum Gerindra jauh lebih leluasa bisa melakukan berbagai manuver politik. Prabowo dianggap punya kedaulatan yang penuh.

Dia menyebut jabatannya sebagai Menteri Pertahanan juga berikan Prabowo efek positif. Salah satunya Prabowo bisa gunakan kapasitasnya sebagai menteri untuk merawat basis pendukung yang dimiliki.

"Kalau Prabowo dengan sokongan dari pemerintah dia juga bisa menggunakan sarana-sarana kepemerintahannya, Prabowo lebih bisa me-maintenance image-nya," ujarnya.

Untuk diketahui, Jawa Barat jadi lumbung suara Prabowo saat berpasangan dengan Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Dalam rapat pleno rekapitulasi KPU, Prabowo-Sandiaga meraih 16.077.446 suara sah atau setara dengan 59,93 persen suara sah di Jabar.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya