Survei SMRC: Duet Ganjar-RK Ungguli Anies-Cak Imin dan Prabowo-ET

Ganjar Pranowo tiup lilin kue dari Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Jakarta - Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru simulasi tiga pasangan Capres dan Cawapres, yang menunjukkan duet Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil unggul dari pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar(Cak Imin) dan Prabowo Subianto-Erick Thohir.

Prabowo: Jika Tidak Mau Kerja Sama, Jangan Ganggu Kami

“Survei menemukan bahwa Ganjar-Ridwan Kamil mendapatkan 35,4 persen. Kemudian Anies-Muhaimin 16,5 persen dan Prabowo-Erick 31,7 persen,” tutur Pendiri SMRC, Prof Saiful Mujani, dikutip Jumat, 15 September 2023.

Saiful menyebut, pasangan Anies-Muhaimin belum memiliki efek yang menaikkan dukungan walaupun telah lebih dulu mengumumkan sosok Cawapres beberapa waktu lalu.

Presiden FIFA Bangga dengan Pencapaian Timnas Indonesia: Bergerak ke Arah yang Benar

Gubernur Jabar Ridwan Kamil (tengah) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo (kanan).

Photo :
  • Twitter @ridwankamil

“Walaupun muncul secara mengejutkan, belum punya efek yang menaikkan dukungan yang signifikan pada Anies ketika dia berpasangan dengan Muhaimin,” ujarnya.

Komentar Erick Thohir Usai Timnas Indonesia U-23 Gagal Tembus Olimpiade 2024

Saiful pun menyebut persentase tersebut masih bisa berubah, walaupun Anies-Muhaimin kemungkinan akan relatif sulit naik.

“Tentu saja pasangan Ganjar maupun Prabowo bisa berubah. Tapi setidaknya pasangan Anies-Muhaimin kemungkinan relatif stabil,” jelasnya.

Adapun survei SMRC dilakukan melalui telepon pada 5-8 September 2023 dengan target populasi warga negara Indonesia yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah.

Kemudian pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). 

Survei itu dilakukan dengan teknik RDD sampel sebanyak 1212 responden dan margin of error survei ±2.9 persen, serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya