Ridwan Kamil Disiapkan untuk Gubernur, Airlangga: Pak RK Sendiri yang Pilih, Jawa Barat

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, buka suara terkait dengan Ridwan Kamil yang kabarnya ditawari untuk menjadi cawapres. Termasuk ditawari mendampingi Ganjar Pranowo.

Sudirman Said Bakal Maju Pilgub DKI Jalur Independen

Dikatakan Airlangga, Ridwan Kamil disiapkan untuk maju kembali sebagai calon gubernur (cagub) pada Pilkada Jawa Barat mendatang. Seperti diketahui, Ridwan Kamil baru saja mengakhiri masa tugasnya sebagai Gubernur Jawa Barat pada 5 September 2023. Selepas itu, nama Wakil Ketua Umum Golkar itu mencuat sebagai cawapres potensial.

"Pak RK (Ridwan Kamil) posisinya sebagai gubernur ya," ucap Airlangga kepada wartawan, dikutip Jumat, 15 September 2023.

Golkar Sambut Baik PAN Jagokan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

Saat disinggung akan maju di pilkada yang mana, mengingat ada yan menyebut maju di Pilkada DKI Jakarta, Airlangga mengatakan menjadi pilihan Ridwan Kamil maju sebagai cagub, Airlangga menyebut Jawa Barat.  Dia menegaskan tu dipilih sendiri oleh Ridwan Kamil.

"Gubernur apakah (wilayah mana), itu Pak RK sendiri yang pilih. Jawa Barat," ungkapnya. 

Cerita Ahok Punya Ide Sediakan Makan Siang Gratis di Balai Kota DKI Buat Warga Tak Mampu

Ridwan Kamil Ditawari Jadi Cawapres Ganjar

Ganjar Pranowo tiup lilin kue dari Ridwan Kamil.

Photo :
  • VIVA/Fajar Sodiq

Sebelumnya diberitakan, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, mengungkapkan bahwa Ridwan Kamil sempat diundang Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri beberapa waktu lalu. 

Dalam pertemuan itu, kata Doli, eks Gubernur Jawa Barat tersebut ditawarkan untuk menjadi cawapres mendampingi Ganjar Pranowo yang telah diusung resmi oleh PDIP dan beberapa partai pendukung lainnya. 

"Ketika Pak Ridwan Kamil infonya ya, Pak Ridwan Kamil mengatakan pada ketua umum kami dia dipanggil, diundang oleh Ibu Megawati. Nah, kemudian ditawari menjadi wapres itu yang kemudian menjadi merebak isu baru kan," kata Doli kepada awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu, 13 September 2023. 

Doli menekankan, Kang Emil, begitu Ridwan Kamil karib disapa, juga melaporkan kepada Ketua Umum Airlangga Hartarto. Karenanya, setelah itu, Ridwan Kamil sempat mengatakan akan ada breaking news di minggu depan.

Kendati begitu, ditegaskan Doli, Partai Golkar saat ini belum mengubah keputusan terkait koalisi di Pilpres 2024. Jadi, secara resmi masih di Koalisi Indonesia Maju atau KIM untuk mengusung Prabowo Subianto sebagai capres.

Sementara Golkar juga masih menjalankan amanat Munas dan Rakernas, untuk mengusung Airlangga Hartarto di Pilpres 2024. Saat ini, diajukan sebagai bakal cawapres untuk mendampingi Prabowo. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya