Prabowo Capres Paling Rasional Dipilih di 2024, Figur Cawapres Jadi Penentu

Ketua Umum Partai Gerindra, Prabowo Subianto
Sumber :

Jakarta - Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto jadi salah satu bakal capres yang mencuat untuk Pemilu 2024. Figur Menteri Pertahanan RI itu dinilai sebagai bakal capres yang paling rasional dipilih.

DKPP Berhentikan Dua Penyelanggara Pemilu yang Terbukti Melanggar Kode Etik

Peneliti Senior Voxpopuli Research Center, Prijo Wasono menganalisa Prabowo sebagai capres yang rasional karena ada beberapa alasan. Bagi dia, eks Danjen Kopassus itu punya peluang besar masuk jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran.

Dia menyebut dari tiga bakal capres saat ini, Prabowo yang berpeluang besar bila ada ke putaran dua di Pilpres 2024. Dia bilang Prabowo bila ada putaran dua maka akan dapat limpahan suara dari pendukung bacapres PDIP, Ganjar Pranowo dan bacapres Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Anies Baswedan.

Prabowo Bertemu Sekjen OECD Bahas Kelanjutan Keanggotaan RI

 Maka itu, menurutnya Prabowo dianggap sebagai figur alternatif yang paling tepat untuk dipilih di Pilpres 2024.

Prabowo Gaungkan Program Makan Bergizi Gratis, Senior PDIP: Lebih Edukatif dan Menangkap Esensi

“Prabowo masih menjadi pilihan alternatif jika hanya tersedia tiga kandidat yang berlaga,” kata Prijo dikutip pada Sabtu, 16 September 2023. 

Dia pun menyertakan hasil elektabilitas  Prabowo versi survei terbaru Voxpopuli Research Center periode 1 – 7 September 2023. Dari survei itu, Prabowo berada menempati peringkat pertama. Bacapres Koalisi Indonesia Maju (KIM) itu berhasil meraih dukungan sebesar 26,2 persen. 

Di urutan dua ada Ganjar dengan 24,3 persen. Lalu,di nomor tiga ada Anies Baswedan dengan 16,1 persen. 

Meski demikian, Prijo menyampaikan tambahan bahwa koalisi Prabowo mesti menentukan figur bakal cawapres yang tepat. Dia menekankan dengan sosok cawapres yang tepat maka bisa serta mengangkat elektabilitas Prabowo lebih kuat. Harapannya tentu menambah peluang Prabowo untuk menang lebih besar di Pilpres 2024.

“Penentuan cawapres berpotensi mengungkit elektabilitas, tetapi figur capres menjadi yang paling menentukan sebagai modal awal dukungan,” ujarnya.

Status Prabowo saat ini bacapres yang disokong poros KIM. Selain Gerindra, ada Golkar dan PAN yang sudah deklarasikan dukungan buat Prabowo. Ada juga parpol non parlemen yang sudah menyatakan dukung Prabowo seperti Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Gelora.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya