Respons Fitnah dengan Senyuman Perlihatkan Kedewasaan Prabowo dalam Berpolitik

Prabowo Subianto saat HUT Partai Gerindra ke-15
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Bakal capres Prabowo Subianto mengklarifikasi soal fitnah terhadapnya yang menampar dan mencekik Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) Harvick Hasnul Qolbi. Prabowo merespons isu liar tersebut dengan senyuman dan tawa khasnya.

Penting! Orang Usia 44 Tahun Harus Segera Dapatkan Vaksin Ini, Kata PAPDI

Akademisi sekaligus pengamat politik Universitas Indonesia, Ade Reza Hariyadi menganalisa respons santai seperti itu sudah dilakukan Prabowo sejak maju sebagai capres di 2019.

Saat itu, menurut dia Prabowo malah mengajak para pendukungnya agar tak terpengaruh dengan isu-isu SARA. Eks Danjen Kopassus itu mengajak pendukungnya untuk berjoged.

PPP Bakal Gelar Rapimnas Tentukan Arah Politik, Berani Gak jadi Oposisi Prabowo?

Bagi Ade, cara Prabowo itu bentuk kedewasaan dalam berpolitik. Meski sebenarnya bisa diselesaikan secara hukum, tapi Prabowo lebih memilih santai dan tertawa mendengar fitnah tersebut.

"Itu menunjukan sikap Prabowo yang memiliki kedewasaan dalam merespons situasi-situasi yang semestinya bisa dimanfaatkan untuk megambil langkah-langkah hukum ya," kata Ade, Selasa, 19 September 2023.

Mardiono Akui Bakal Segera Temui Prabowo: Sedang Kita Atur Waktu

Ade mengamati, sikap yang diperlihatkan Prabowo dalam merespons isu tersebut membuat pandangan masyarakat berubah terhadapnya. Prabowo dalam fitnah tersebut dicap sebagai sosok tempramental, dan premanisme nyatanya tidak demikian.

Menurut dia, pada kenyataannya, Prabowo justru sangat santai dan dewasa dalam menyikapi tudingan tersebut. Pernyataan Prabowo di Pindad menjadi fakta baru terkait karakteristik kepemimpinannya yang santai selama ini.

"Toh ternyata beliau justru memberikan tanggapan yang asik-asik aja ya, tidak reaktif, tidak emosional, padahal bisa saja Pak Prabowo menyelsaikan dengan jalur hukum," ujarnya.

Prabowo sebelumnya sudah membantah isu liar bahwa dirinya mencekik dan menampar Wamenten Harvick. Dia mengaku belum bertemu dengan sosok Harvick.

Meskipun sama-sama ada di Kabinet Indonesia Maju namun Prabowo belum pernah berintraksi dengan Wamentan tersebut.

"Saya ketemu aja belum sama wamennya itu selalu menterinya saya (ketemu). Nggak pernah (wamennya), ha-ha-ha," kata Prabowo kepada awak media saat mendampigi Presiden Joko Widodo di PT Pindad Bandung, Selasa, 19 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya