Mahfud MD Bisa Jadi Magnet dan Pendongkrak Elektabilitas Ganjar di Jawa Timur

Menko Polhukam Mahfud MD saat RDP dengan Komisi III terkait transaksi janggal Rp394 Triliun
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD disebut masuk radar jadi bakal calon wakil presiden untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Figur Mahfud dinilai bisa meningkatkan elektabilitas Ganjar khususnya di Jawa Timur dan kalangan pemilih Islam serta warga Nahdliyin (NU).

Ganjar Ngaku Siap jadi Oposisi Prabowo, Senior PDIP Bilang Itu Murni Pribadi Bukan Partai

Konsultan Politik dan Direktur Eksekutif SCL Taktika, Iqbal Themi menganalisa figur Mahfud jika dilihat latarbelakangnya bisa menjadi part of solution Ganjar untuk mendongkrak elektabilitas di Jawa Timur. Menurut dia, Mahfud punya akar kuat di Jawa Timur.

"Secara geografis, Mahfud MD berasal dari Jawa Timur. Ini bisa menjadi faktor pendongkrak elektabilitas Ganjar di sana," kata Themi melalui keterangannya, Selasa, 19 September 2023.

Gus Muhdlor Ditahan KPK, Subandi Ditunjuk Jadi Plt Bupati Sidoarjo

Pun, Themi mengatakan Mahfud secara latarbelakangnya juga kalangan Nahdliyin dan sebagai alumni pesantren menjadi pertimbangan. Menurut dia, Jawa Timur yang dikenal sebagai lumbung suara besar pemilih Islam Nahdliyin jadi provinsi strategis.

Anies: Pakemnya yang Tidak Mendapatkan Amanah Berada di Luar Kabinet

Dengan menggandeng Mahfud bakal jadi magnet untuk menarik suara Nahdliyin di Jawa Timur.

“Mahfud berasal dari kelompok hijau, yakni Nahdliyin dan alumni pesantren. Ini akan melengkapi figur Ganjar. Sosok Mahfud punya potensi kuat jadi magnet politik bagi pemilih Islam dan Nahdliyin di Jawa Timur," ujarnya.

Menurut dia, pentingnya meraih suara di provinsi Jawa menjadi kunci strategis. Jika terwujud, kata dia, ada kans besar pasangan Ganjar dan Mahfud bisa menang di Jawa Timur, terutama basis NU.

"Capres-cawapres yang menang di minimal 2 dari 3 provinsi Jawa, punya peluang besar mengamankan kemenangan Pilpres nasional,” ujarnya.

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Puan Maharani menyebut Mahfud MD jadi salah satu nama bakal cawapres pendamping Ganjar. Sejumlah nama bacawapres Ganjar sudah mengerucut. Selain Mahfud, ada Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan eks Panglima TNI Andika Perkasa.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya