Kaesang Diisukan Gabung PSI, PDIP Ingatkan Aturan Internal Satu Keluarga Tak Boleh Beda Partai

Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat
Sumber :
  • Viva.co.id/Bayu Januar

Jakarta - Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) menegaskan kembali tentang aturan internal bahwa satu keluarga yang dilarang berbeda keanggotaan partai dengan PDIP, menyusul rumor Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, masuk dan bergabung menjadi kader Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Surya Paloh Tak Masalah Nasdem di Luar Pemerintahan

"Begini, di PDIP itu ada aturan--kita udah terikat pada aturan--tidak boleh di dalam satu keluarga inti itu berbeda partai. Satu keluarga itu apa, misalkan, suami-istri. Apalagi? Anak. Itu tidak boleh. Itu yang dilarang--keluarga inti," kata Ketua Bidang Ideologi dan Kaderisasi DPP PDIP Djarot Saiful Hidayat kepada wartawan di kantor pusat PDIP, Jakarta, Kamis, 21 September 2023.

Djarot memberi contoh jika di dalam satu keluarga terdapat saudara adik atau kakak yang sudah berumah tangga dan memiliki pandangan politik yang berbeda, maka itu menjadi evaluasi di keluarga tersebut.

Gerindra Tepis Anggapan Jokowi Jadi Penghalang PDIP Berkoalisi dengan Prabowo

Putra bungsu Presiden Joko Widodo Kaesang Pangarep melakukan grand opening gerai bisnis Sang Pisang di Jalan Abdul Wahab, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Selasa sore, 25 Juli 2023.

Photo :
  • ANTARA/Feru Lantara

"Misalnya, saya punya adik sudah berumah tangga, kemudian dia menjadi pengurus partai lain, itu catatan bagi saya, berarti saya tidak mampu untuk melakukan proses pendidikan politik, proses penyadaran, proses yang menyangkut persoalan pilihan politik kepada adik saya. Evaluasi bagi saya," kata dia.

Usai Dipecat PDIP, Gibran Ngaku Sudah Siapkan Perahu: Tenang Aja Ya

"Keluarga inti apa? Anak, yang menjadi tanggungan kami, belum menikah. Ini, misalnya (Gibran) sudah menikah, sudah punya preferensi sendiri, beliau punya keluarga inti sendiri. Nah, keluarga itu saya, bojoku, misalnya, bojoku loh tiap malem masih tidur bareng-bareng, masa bojoku di partai sebelah? Nah, saya di PDIP? Itu enggak boleh." 

Djarot juga meminta agar Kaesang tak terburu-buru dalam mengambil keputusan jika benar-benar ingin bergabung dengan PSI. Dia menyarankan Kaesang mempelajari Anggaran Dasar Dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) sebelum gabung PSI.

Kaesang juga diminta untuk mempelajari ideologi dan program partai serta memahami mekanisme pengambilan keputusan partai yang akan dia pilih nantinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya