Dukungan Kelompok 212 ke Prabowo Diperkirakan Akan Menguat di Pilpres 2024

Bacapres Prabowo Subianto di forum Rapimnas Partai Demokrat
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta – Berdasarkan hasil survei Saiful Muzani Research and Consulting atau SMRC, bahwa mayoritas kelompok 212 akan mengarahkan dukungannya ke Prabowo Subianto di Pilpres 2024. Terutama jika sampai lolos ke putaran kedua.

Top Trending: Habib Bahar Akui Kemenangan Prabowo Gibran hingga Seorang Ulama Kritik Nabi Muhammad

Dukungan untuk Prabowo seperti yang dihasilkan SMRC itu, juga sama dengan perkiraan dari pentolan Mujahid 212, Damai Hari Lubis. 

"Kalau menurut saya pribadi, banyak yang mayoritas lari ke Prabowo Subianto. Suka enggak suka, mau enggak mau," kata Damai Hari Lubis saat dikonfirmasi, dikutip Senin, 25 September 2023.

Antasari Azhar Ucapin Selamat ke Prabowo-Gibran: Semoga Komitmen Berantas Korupsi

Dia melihat, apa yang dilakukan oleh SMRC dengan memotret dukungan kelompok 212, sudah tepat. Apalagi menurutnya, yang mendukung Prabowo sudah banyak juga/

"Sudah lebih banyak dari sebelumnya (yang mendukung Prabowo)," katanya.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Bila diasumsikan kalau pasangan capres yang bertarung hanya Prabowo dengan Ganjar Pranowo, dia melihat bahwa dukungan kelompok 212 akan ke Prabowo. Tidak akan mendukung Ganjar.

"Larinya dukungan ke Prabowo Subianto bukan ke Ganjar. Cuma itu aja. Ini juga prediksi," ujar Hari Lubis.

​Sebelumnya, bila Pilpres 2024 berlangsung 2 putaran dan mempertemukan Prabowo Subianto dengan Ganjar Pranowo seperti hasil lembaga survei, maka dukungan suara untuk Prabowo bertambah dari kelompok alumni aksi 212. Itu berdasarkan hasil survei terbaru Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC).

Dukungan dari kelompok masyarakat tersebut terhadap capres yang juga Ketum Partai Gerindra Prabowo Subianto, mendapat sambuta baik. Bahkan Ketua DPD Gerindra DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan setiap dukungan masyarakat harus disukuri. 

“Semua agama, semua kelompok, semua komunitas, golongan, semua profesi, semua latar belakang. Kami hormati dan hargai dan kami bersyukur atas dukungan siapa saja yang akan berikan dukungan dan suaranya di TPS nanti tanggal 14 Februari,” ujar Riza, dikutip Jumat 22 September 2023.

Survei SMRC

Survei SMRC mengkhususkan suara untuk pendukung gerakan 212. Bila capres-cawapres yang maju di Pemilu 2024 ini ada 3 yakni Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto dan Anies Baswedan, hasil SMRC memperlihatkan mayoritas pendukung 212 memilih Anies. "Gerakan 212 tersebut memiliki efek signifikan pada pilihan presiden. Jadi umumnya pendukung gerakan 212 itu, kalau tidak ke Anies, ya ke Prabowo," kata Saiful Mujani, dalam rilis resmi hasil survei SMRC, Kamis 21 September 2023.

Tapi menariknya, jika Pilpres 2024 berlangsung dua putaran dan yang diprediksi berdasarkan hasil survei juga, adalah Ganjar Pranowo melawan Prabowo Subianto, SMRC merilis dukungan 212 lari ke Prabowo. 

"Jika calon presiden hanya ada dua, Prabowo berhadapan dengan Ganjar, umumnya pendukung gerakan 212 memilih Prabowo. Dari yang setuju atau mendukung gerakan 212, 59 persen memilih Prabowo, 29 persen Ganjar, dan masih ada 11 persen yang tidak jawab," dalam keterangannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya