Anies Baswedan Minta Mahasiswa Jeli Pilih Capres: Bandingkan Rekam Gagasan dan Prestasinya

Anies Baswedan saat berkunjung ke Universitas Hasanuddin Makassar.
Sumber :
  • istimewa

Makassar - Bakal calon presiden (bacapres) Anies Baswedan menyampaikan pesan ke mahasiswa agar lebih cermat dalam memilih calon pemimpin di Pilpres 2024. Anies mengatakan peran pemuda terutama mahasiswa merupakan bagian penting dari proses demokrasi yang dilaksanakan pada 2024.

Prabowo Akui Dekat NU Sejak Prajurit Muda: Kalau Orang Menghadapi Maut yang Dicari Kiai

Eks Gubernur DKI Jakarta itu menyampaikan demikian di depan mahasiswa Universitas Hasanuddin (UNHAS) dalam  acara Indonesian's Leader Talk di Baruga AP Pettarani, Universitas Hasanuddin (Unhas), Makassar, Minggu 24 September 2023.

Anies pun berkata bahwa sebagai seorang pemilih yang baik, para mahasiswa mesti bisa cari tahu rekam jejak prestasi setiap calon yang akan dipilih nantinya. 

Mantan Dubes Turki Lalu Muhammad Iqbal Maju di Pilgub NTB 2024

"Kalau untuk teman-teman mahasiswa, (saya berpesan) ikuti proses ini, proses Pileg-Pilpres dengan perhatian yang serius lakukan pembandingan kepada para calon," kata Anies.

Pendukung Israel Provokasi Mahasiswa Pro Palestina di Universitas California

Anies juga mengungkap sebagai pemilih yang baik dan ingin melihat Indonesia mengalami perubahan ke arah perubahan yang adil dan sejahtera, maka harus jeli menilai setiap bakal capres dan bakal cawapres. 

Kata dia, cari tahu mana calon yang bisa menjadikan masyarakat Indonesia sejahtera. 

"Bandingkan rekam karyanya, bandingkan rekam gagasannya, bandingkan rekam prestasinya. Dari situ kemudian Anda tentukan pilihan. Dan Anda berikan analisa atas rekam jejak itu semua," tutur eks Mendikbud tersebut.

Bagi Anies, prestasi dari masing-masing capres-cawapres sangat menentukan bagi arah dan perkembangan Indonesia  ke depan. Dengan demikian, menurutnya dari hasil komparasi yang dilakukan bisa mengantarkan pada pilihan yang tepat terkait sosok ideal yang memimpin bangsa Indonesia di masa mendatang.

"Analisa atas perekam-perekam itu semua. Dengan itu kita akan memprediksi mana (sosok pemimpin ideal). Kita tahu bahwa yang akan terjadi di masa depan atau yang akan dikerjakan di masa depan bisa dilihat apa yang sudah dikerjakan di masa lalu," ujar Anies.

Status Anies saat ini merupakan bakal capres yang disokong Koalisi Indonesia Maju (KIM). Poros KIM pendukung Anies terdiri atas Nasdem, PKB, dan PKS.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya