Baliho Prabowo-Erick Thohir ‘Pejuang Kemajuan Sepak Bola Indonesia’ Terpampang di Depok

Baliho Prabowo-Erick Tohir ‘Pejuang Kemajuan Sepak Bola Indonesia’ di Depok.
Sumber :
  • VIVA/Galih Purnama.

Depok – Sejak beberapa hari ini terlihat baliho bergambar Menteri Pertahanan Prabowo Subianto dan Menteri BUMN Erick Thohir di sejumlah titik di Depok. Salah satu yang terlihat ada di Jalan Margonda, tepatnya di dekat pintu masuk kampus Bina Sarana Informatika (BSI).

Timnas Indonesia Berpeluang Diperkuat 3 Pemain Naturalisasi Terbaru di Kualifikasi Piala Dunia 2025

Di baliho tersebut, Prabowo dan Erick memakai jaket warna merah. Tertulis di baliho tersebut ‘Pejuang Kemajuan Sepak Bola Indonesia’. Warga sekitar mengaku tidak tahu persis kapan baliho itu dipasang.

Dina, salah satu warga, mengatakan dia melihat baliho tersebut Jumat pagi 22 September 2023. Kemungkinan baliho itu dipasang Kamis malam. “Enggak tahu masangnya. Pas paginya sudah ada aja. Biasanya sih malam dipasangnya,” katanya, Senin 25 September 2023.

Sekjen Gerindra Singgung Dukungan Paguyuban Warteg se-Indonesia Buat Kemenangan Prabowo-Gibran

Menhan Prabowo Subianto dan Erick Thohir naik maung di Malang, Jatim.

Photo :
  • Twitter @erickthohir

Dia mengaku tidak terlalu paham maksud baliho tersebut. Dia berpendapat, dua tokoh dalam baliho itu berkaitan dengan pemilihan presiden 2024.

Gerindra Buka Peluang Revisi UU Kementerian Negara: Setiap Pemerintahan Punya Tantangan Berbeda

“Maksudnya ini buat pasangan capres, gak ngerti kita. Tulisannya pejuang sepak bola Indonesia, kirain mah buat sponsor bola. Ya emang dalam rangka Pemilu ya pasti ke situ Capres-capwapres. Bukan (PSSI) kayaknya mah,” ungkapnya.

Sementara itu, Dosen Ilmu Politik Universitas Indonesia (UI) Sri Budi Eko Wardani mengatakan baliho itu kemungkinan dipasang karena ada relawan yang basisnya di sekitar lokasi. Dia melihat sejauh ini pemasangan baliho dilakukan secara random.

“Kalau lihat di beberapa daerah, pemasangan memang agak random ya, dipasang di sini. Saya juga baru lihat Prabowo Erick ada di situ. Kelihatannya pemasangannya enggak mengikuti pola yang terkait dengan apakah disini basisnya PKS kah, atau basisnya Gerindra atau basis PDIP, itu belum ada,” katanya.

Terkait dengan tag line bola yang dilekatkan dengan Erick, dia menuturkan, sepak bola adalah cara yang ampuh untuk mendekatkan diri kepada rakyat. Dengan jabatan Erick sebagai Ketua Umum PSSI dianggap bisa membantu popularitasnya di masyarakat terutama pecinta sepak bola. Dani menilai, sepak bola memiliki magnet luar biasa di Indonesia

“Saat Pak Erick di PSSI kemarin menang tiga kelompok umur dan berhasil ke piala Asia dan dunia. Jadi menurut saya jadi ini magnet. Erick ini diasosiasikan dengan apa? Sebenarnya kan lebih dulu dia menjabat Menteri BUMN, tapi kan ini terlalu elit. Kalau untuk dikenalkan ke masyarakat biasa, apa prestasinya di BUMN enggak bisa diukur dengan cepat oleh masyarakat,” ujarnya.

Berbeda halnya ketika Erick diasosiasikan sebagai Ketum PSSI dan sepak bola, maka Erick sangat diuntungkan dengan kedua hal tersebut. Apalagi, ada sejumlah catatan membanggakan ketika dia menjabat Ketum PSSI.

“Nah ini menjadi atribut yang bisa melekat kepada Pak Erick untuk nanti itu yang akan didorong,” pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya