Ganjar Bilang Belum Ada Keputusan Final soal Cawapresnya di Pilpres 2024

Bacapres Ganjar Pranowo dan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • istimewa

Jakarta - Bakal calon presiden (bacapres) dari PDIP Ganjar Pranowo mengaku hingga saat ini belum ada keputusan final terkait sosok pendampingnya sebagai calon wakil presiden (cawapres) untuk Pilpres 2024. Ganjar pun bicara pertemuan dalam rapat Tim Pemenangan Nasional pada Rabu kemarin.

Alarm Bahaya kalau PDIP Takluk dan Pemerintahan Prabowo Tanpa Oposisi, Kata Pengamat

Menurut dia, pertemuan dengan para ketua umum partai politik (parpol) itu hanya membahas teknis TPN.

"Oh nggak, nggak, kita nggak bahas (sosok bakal cawapres) teknis itu. Nanti yang cawapres khusus pertemuannya dengan beliau-beliau (ketum), khusus," ujar Ganjar kepada wartawan di Gedung High End, Jakarta Pusat, Rabu, 27 September 2023.

Tanggapi Ide Prabowo Bentuk 'Presidential Club', Hasto Bilang PDIP Punya Tradisi 'Klub Kerakyatan'

Di sisi lain, Ganjar mengaku sulit mengumpulkan para ketua umum parpol pendukung dirinya. Ia bilang pembahasan kemarin masih terkait strategi pemenangan Pilpres 2024.

Tanggapi Isu Prabowo Bakal Punya 40 Menteri, Ganjar Ingatkan Buruknya "Politik Akomodasi"

Para ketua umum parpol itu di antaranya Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri, Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono, Ketum Partai Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo.

"Ya karena mengumpulkan ketua umum ini juga tidak gampang, maka pas ketua umum datang kita minta semua saran-saran beliau, insya Allah cukup. Maka tinggal tim teknis. Jadi, garis besarnya ada di beliau-beliau dan dengan Bu Mega tadi udah semuanya," kata dia.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini juga menambahkan, tim pemenangan sudah merumuskan visi dan misi pembangunan Indonesia ke depan. Tak hanya itu, struktur TPN dari tingkat pusat hingga daerah juga sudah terorganisir dengan baik.

"Sudah, sudah lengkap. Sudah disiapkan, sudah detail banget (visi dan misi)," ujarnya.

Ganjar pun mengklaim, sudah banyak pihak yang ingin berpartisipasi dalam TPN. Ia berujar, TPN sudah diisi dari berbagai kalangan profesi.

"Ya siapa pun, apalagi ada representasi muda, smart, banyak profesi. Wah, itu kita senang banget dan mencerminkan beberapa wilayah itu kita ingin dan ternyata banyak sekali yang mendaftar," tuturnya.

Megawati bersama Tim Pemenangan Ganjar Pranowo.

Photo :
  • istimewa

Sebagai informasi, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan figur bacawapres Ganjar Pranowo bakal diumumkan pada momentum yang tepat. 

"Terkait dengan capres cawapres siapa yang akan mendampingi Ganjar Pranowo nanti pada momentum yang tepat karena pendaftaran di KPU sendiri itu baru dilakukan pada tanggal 19 Oktober. Dimulai 19 Oktober kalau tidak salah sampai 25," kata Hasto kepada wartawan di kantor pusat PDIP, Jakarta, Senin, 25 September 2023.

Hasto memberi isyarat sosok cawapres pendamping Ganjar bisa saja seorang perempuan. Namun, dia mengisyaratkan cawapres Ganjar masih dirahasiakan.

"Jadi, skala prioritas sekarang adalah mempertajam narasi tentang masa depan Indonesia yang akan diusung oleh Pak Ganjar dan Mister X-nya dan kemudian juga bisa Miss X, gitu kan," kata dia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya