Cak Imin Jelaskan Maksud 'Waspada' Usai Kaesang Jadi Ketua Umum PSI

Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar alias Cak Imin
Sumber :
  • VIVA/M Ali Wafa

Jakarta - Bakal calon wakil presiden atau bacawapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin menjelaskan maksud kata "waspada" saat dirinya menanggapi Kaesang Pangarep yang didapuk jadi ketua umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) beberapa waktu lalu. Dia menyinggung hal itu terkait kepentingan suara di 2024

Penjelasan Pria yang Nekat Terobos Paspampres untuk Dekati Jokowi

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu menegaskan maksud kata waspada ialah terkait suara para pendukung PKB di Pemilu 2024 tidak berpaling ke PSI.

"Namanya pemilu kan kompetisi, siapapun yang hadir di dalam kompetisi, terutama Mas Kaesang, kita tahu lah putra Pak Jokowi. Tentu semua harus waspada, jangan sampai suara PKB keambil," ujar Cak Imin kepada wartawan di Jakarta, Rabu, 27 September 2023.

Kepemimpinannya Dikhawatirkan Bahayakan Demokrasi, Begini Jawaban Blak-blakan Prabowo

Cak Imin pun mengaku tak khawatir jika suara PKB nantinya beralih ke PSI. Dia menyampaikan dirinya hanya mengingatkan supaya hati-hati. "Nggak khawatir, cuman ya hati-hati," tuturnya.

Mendagri Tito Setuju Sistem Pemilu Dikaji Ulang

Pun, dia juga mengatakan, pihaknya tak akan menolak bila PSI yang dipimpin Kaesang Pangarep ingin bergabung ke Koalisi Perubahan. 

Diketahui, Koalisi Perubahan saat ini terdiri dari Partai Nasdem, PKB dan PKS. Ketiga partai itu sepakat mendukung bakal pasangan capres-cawapres Anies Baswedan dan Cak Imin di Pilpres 2024. 

"Ya, kita kita welcome (kalau PSI ingin bergabung ke Koalisi Perubahan) semuanya lah," kata Cak Imin.

Ketua Umum PSI Kaesang Pangarep bersama pengurus DPP PSI

Photo :
  • VIVA/M Ali Wafa

Sebelumnya, Cak Imin merespons terpilihnya putra bungsu Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), Kaesang Pangarep sebagai Ketum PSI. Menurutnya, langkah PSI menggaet Kaesang merupakan pilihan yang berani.

Menurut dia, hadirnya Kaesang di tengah dinamika politik saat ini mesti diwaspadai seluruh partai politik (parpol) yang ada. Terlebih, ia melihat ada sosok Presiden Jokowi di belakang Kaesang. 

"Ini tentu menjadi kewaspadaan kita semua, partai-partai ini. Di mana, di belakang Mas Kaesang ada Presiden (Jokowi)," kata Cak Imin dikutip dari video yang dilihat VIVA, Selasa, 27 September 2023.

Meski demikian, Cak Imin menyampaikan ikut bahagia lantaran hadirnya Kaesang membuat politik nasional makin ramai. Ia pun berharap Kaesang bisa membawa suasana yang lebih segar terhadap dunia politik Tanah Air.

"Saya kenal Mas Kaesang orangnya humoris dan komunikatif. Saya agak dekat karena terakhir sering ngobrol sama Mas Kaesang. Jadi selamat berjuang di dunia politik, tentu ini menjadi kekuatan yang patut dipertimbangkan buat kita semuanya menyambut dengan serius," ujarnya.

"Moga-moga Mas Kaesang di dunia politik membawa warna yang tentu demokratis, memberikan suasana semakin segar," kata Cak Imin.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya