Ganjar-Mahfud Ungguli Prabowo-ET dan Anies-Cak Imin di Jatim, Menurut Survei SMRC

Bacapres Ganjar Pranowo dan Menkopolhukam Mahfud MD
Sumber :
  • instagram @ganjar_pranowo

Jakarta - Lembaga Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) merilis hasil survei terbaru tentang elektabilitas bakal capres dan cawapres di wilayah Jawa Timur.

Prabowo: Beri Saya Waktu 4 Tahun untuk Sejahterakan Rakyat Indonesia

Dalam survei yang dilakukan pada 20 hingga 22 September itu, SMRC melakukan simulasi dengan tiga pasangan, yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD, Prabowo Subianto-Erick Thohir (ET), dan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

Hasilnya, pasangan Ganjar-Mahfud unggul jauh dengan suara 45 persen. Lalu disusul Prabowo-Erick 28 persen dan Anies-Cak Imin 12 persen.

Prabowo: Dalam Hidup Saya, Angka 8 Muncul Terus

Pendiri SMRC Prof Saiful Mujani mengatakan dari 140 responden yang dipilih secara acak di Jawa Timur, ada sekitar 14 persen yang belum memberikan jawaban.

"Dalam format pasangan Anies-Muhaimin vs Ganjar-Mahfud vs Prabowo-Erick, di Jawa Timur, pasangan Anies-Muhaimin mendapat suara 12 persen, Ganjar-Mahfud 45 persen, Prabowo-Erick 28 persen, dan tidak jawab 14 persen," kata dia dalam paparan hasil survei di YouTube SMRC TV, Kamis, 28 September 2023.

Prabowo Siap Buktikan Janji Kampanye Makan Siang Gratis, Termasuk di Aceh dan Sumbar

Kemudian, SMRC juga melakukan simulasi dengan memasangkan Ganjar dengan Ridwan Kamil, sementara pasangan lain masih dengan formasi sama.

Hasilnya, duet Ganjar dan Ridwan Kamil unggul jauh di Jawa Timur. 

"(Simulasi kedua) Anies-Muhaimin mendapat dukungan 14 persen, Ganjar-RK 47 persen, Prabowo-Erick 24 persen, dan tidak jawab 14 persen," kata Saiful.

Saiful menyimpulkan bahwa setelah sekitar dua atau tiga minggu paska-deklarasi Anies-Muhaimin, dukungan pada pasangan itu di Jawa Timur belum mengalami perkembangan. 

“Mungkin butuh waktu yang lebih lama lagi untuk mengkampanyekan pasangan Amin ini (agar lebih berkembang). Setidak-tidaknya sampai survei terakhir ini kami belum melihat adanya perkembangan positif terhadap pasangan ini,” kata dia.

Adapun survei SMRC dilakukan terhadap warga negara Indonesia di Jawa Timur yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah dan memiliki telepon/cellphone, sekitar 80 persen dari total populasi Jawa Timur.

Pemilihan sampel dilakukan melalui metode random digit dialing (RDD). RDD adalah teknik memilih sampel melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak. Sebanyak 140 responden dipilih melalui proses pembangkitan nomor telepon secara acak, divalidasi, dan discreening. 

Margin of error survei diperkirakan 8,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen, asumsi simple random sampling. Wawancara dengan responden dilakukan lewat telepon oleh pewawancara yang dilatih. Survei dilakukan pada 20-22 September 2023.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya