Tahun Politik, Rakernas PDIP Ambil Tema Kedaulatan Pangan Karena Pedomani Nasihat Bung Karno

( FOTO Ilustrasi) Rakernas PDIP tahun 2023
Sumber :
  • PDIP

Jakarta – PDI Perjuangan menggelar Rapat Kerja Nasional (Rakernas) IV di JiExpo Kemayoran, Jakarta Pusat pada Jumat 29 September hingga 1 Oktober 2023. Adapun rakernas itu mengusung tema "Kedaulatan Pangan Untuk Kesejahteraan Rakyat" dengan subtema "Pangan Sebagai Lambang Supremasi Kepemimpinan Indonesia Bagi Dunia.

Mahfud MD Blak-blakan Soal Langkah Politik Berikutnya Usai Pilpres 2024

Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDIP Hasto Kristiyanto menyampaikan Megawati bakal menyampaikan pidato politiknya di rakernas. Menurut dia, pidato Megawati di rakernas merupakan tradisi.

"Ya tentu saja sebagai tradisi rapat kerja nasional, Ibu Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan pidato politik, dan kemudian beliau juga akan menyampaikan pidato secara tertutup di dalam menggembleng seluruh partai," kata Hasto.

Gibran Bantah Presiden Jokowi Gabung Golkar

Hasto menuturkan, pidato Megawati bakal disampaikan secara terbuka hanya pada saat acara pembukaan rakernas saja.

Dia menambahkan, selain Presiden RI Jokowi, Wakil Presiden RI Maruf Amin juga dijadwalkan hadir. 

Megawati Belum Putuskan soal Usulan Kerja Sama dengan Prabowo

"Bapak presiden Jokowi juga akan menyampaikan sambutannya," ujarnya.

Dalam agenda rakernas itu pula, PDIP akan membuat Pameran Pangan Plus 2023. Ketua Panitia Pameran Pangan Plus 2023, Rahmad Handoyo, mengatakan acara yang dilakukan pihaknya diisi dengan pertunjukan hasil produk pangan inovatif karya anak bangsa.

"Kami akan pamerkan bibit super unggul hingga teknologi pengolahan yang menghasilkan ragam produk turunan inovatif bernilai tambah,” kata Rahmad.

Ia mengatakan, pameran yang dilakukan pihaknya menunjukkan PDIP ingin menjadi motor penggerak percepatan membangun kedaulatan pangan. Sebab, pameran akan mempertontonkan beragam transformasi potensi pangan daerah yang bisa menjadi produk pangan unggulan di masa depan.

Semisal, budidaya padi, sorgum, porang, sagu, singkong, jagung, kelapa coklat, tebu hingga unggas ruminansia dan ikan, dan produk pangan olahan.

"Kami berharap pameran ini bisa memberikan inspirasi bahwa sektor pertanian atau pangan juga bisa diandalkan sebagai sandaran hidup di masa depan, karena harapan itu pula, kami melibatkan anak-anak muda, seperti para petani milenial yang sukses.  Mereka diharapkan bisa mengispirasi anak muda lainnya di Tanah Air,” katanya.

Rahmad kemudian mengutip amanah Proklamator RI Ir Soekarno atau Bung Karno, ketika menginisiasi kegiatan Pameran Pangan Plus 2023. Menurutnya, persoalan ketahanan pangan suatu bangsa tidak bisa ditawar lagi karena menentukan hidup mati sebuah bangsa.

"Maka, berpedoman atas nasihat Bapak Bangsa tersebut, PDI Perjuangan merasa sangat penting untuk menggelar event pameran akbar yang berfokus pada sektor makro pertanian ini.” kata Rahmad.

Diketahui, peserta Pameran Pangan Plus 2023 terdiri dari 70 persen UMKM binaan PDI Perjuangan dan 30 persen dari mitra swasta nasional. Pengunjung saat Pameran Pangan Plus 2023 bisa menyaksikan berbagai hasil pemberdayaan sektor makro pertanian dari tingkat hulu hingga hilir.

Adapun, peserta dalam Pemeran Pameran Pangan Plus 2023 terbagi dalam beberapa sektor seperti Zona Benih dan Tanaman yang diikuti Sekolah Berkebun dan PB Trubus.

Zona Minuman dan Makanan Berbasis Tanaman Lokal diikuti oleh Eureka Cafe Store, Wardi, Kopi Walet Turatea, dan Kopi Aranio.

Zona Produk Jamu Kesehatan Herbal diikuti oleh Amilatul Fadhilah dan Etty Rahayu, sedangkan Zona Produk Teknologi Pendukung Pertanian diisi oleh PT ARA.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya